Di Rote Ndao, Apel Nusantara Bersatu Jadi Momen Pemersatu

roolnews.ID • Semua elemen masyarakat di Kabupaten Rote Ndao berkomitmen untuk menjaga kebhinnekaan serta memperkuat persatuan dalam bingkai Ita Esa saat pelaksanaan Apel Nusantara Bersatu yang berlangsung di Lapangan Makodim 1627/Rote Ndao, Rabu (30/11/2016) pagi.

Pantauan ROOL, Apel Nusantara Bersatu diawali dengan orasi kebangsaan yang disampaikan oleh tokoh masyarakat, Mahmud Kawilarang dan puisi oleh pelajar SMP Negri 3 Ba’a, Rivaldi Yohanes Henukh.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Inf Budi Yuono, Kapolres Rote Ndao AKBP Murry Miranda, Sekda Kab Rote Ndao Jonas M Selly, Ketua DPRD Rote Ndao Alfred Saudila, Pasops Lanal P Rote Kapten Laut (P) Casito, perwakilan Kejari Rote Ndao, Pimpinan SKPD lingkup Rote Ndao, ratusan pelajar, para Manaleo, tokoh agama dan tamu undangan lain.

Bupati Rote Ndao, Leonard Haning dalam sambutan yang diwakili oleh Sekda Rote Ndao, Jonas M.Selly mengatakan, bahwa seluruh elemen masyarakat yang  hadir mewakili ribuan masyarakat Rote Ndao, untuk wajib mempertahankan NKRI, Rote Ndao terselatan Indonesia tetapi tidak terpisah dengan daerah lain. Ketika terjadi hal- hal yang mengganggu keamanan dan ketentraman adalah tugas TNI dan Polri untuk mencari solusi, menyatukan pemahaman kita bersama untuk mencapai hidup nyaman dan hidup tertin adalah harapan kita semua.

Kapolres Rote Ndao, AKBP Murry Mirranda menyampaikan Indonesia memiliki kekayaan yang banyak yang tidak dimiliki oleh negara lain, namun kondisi Indonesia sekarang terombang ambing karena banyak orang-orang yang hanya mementingkan kepentingan politik dan golongan. Oleh karena itu, kapolres menghimbau agar generasi Indonesia jangan terpengaruh oleh hal – hal yang negatif.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Rote Ndao, Alfred Saudila membacakan Maklumat Kapolda NTT terkait akan adanya unjuk rasa 2 Des 2016 di Jakarta yang dapat berdampak ke situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol Inf Budi Yuono mengucapkan terima kasih atas semua yang hadir dalam acara, dirinya berharap agar semua elemen masyarakat tetap bersatu jangan tercerai berai oleh isu yang tidak bertanggung jawab karena sekarang gencar – gencarnyanya isu di media sosial yang mengancam keutuhan NKRI.

“Indonesia makmur, kita bangun bersama – sama daerah kita dengan semangat pasti akan lebih maju” ujarnya.

Pantauan ROOL, usai sambutan, semua peserta bersama-sama menyanyi lagu-lagu perjuangan. Usai itu, dilakukan doa bersama untuk keselamatan bangsa dipimpin bergantian oleh pimpinan lintas agama Islam, Kriten, Katolik dan Hindu.

Apel Nusantara Bersatu diakhiri dengan kemeriahan  tarian Kebalai yang diikuti oleh semua peserta upacara.


(ido.f)