Hujan Angin, 1 Gereja dan 7 Rumah di Sanggaoen Terkena Puting Beliung

roolnews.ID • Hujan deras dan angin kencang yang mengguyur kawasan kota Ba’a mengakibatkan Gereja Efrata Oenoas di RT 06 RW 03 dusun Sambi Dui, desa Sanggaoen , Lobalain, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, rusak.

Puluhan lembar seng dan kap batu bagian belakang Gereja sampai jebol akibat diterjang angin kencang. Tak ayal, atap bagian belakang Gereja rusak.

Kepala Desa Sanggaoen, Meksi Mooy kepada ROOL, mengatakan, saat kejadian hujan turun cukup deras. Tak lama kemudian sekitar pukul 12.25 WITA warga dikejutkan suara gemuruh. 

Belum juga hilang rasa kagetnya, warga dikejutkan dengan suara berisik yang berasal dari kap batu dan seng Gereja yang beterbangan.

“selain Gereja, ada 7 rumah warga yang rusak, dua rumah rata dengan tanah karena bangunan berdinding darurat, sedangkan lima rumah lainnya hanya atap saja yang terlepas. Rumah warga yang terkena puting beliung langsung rusak atapnya,” kata Mooy kepada ROOL, Kamis (1/11/2016).

Salah satu rumah warga, Marthen Dasi di desa Sanggaoen juga atapnya jebol dihantam puting beliung. Sedangkan warga lainnya, Yusuf Otto  rumahnya rata dengan tanah.

PJOK Fasilitasi Ketangguhan Masyarakat, BPBD Kab Rote Ndao, Ronald Maka Ndolu mengatakan pihaknya belum menerima laporan resmi namun  tim  sudah turun pantau lokasi.

“kami menunggu laporan resmi dari kepala desa. Tapi daruratnya kami sudah turun ke lokasi. Jadi tindakan darurat, sudah kami lakukan,” kata Ronald.

Lanjutnya, saat ini logistik tanggap darurat sudah diberikan seperti tenda, makanan dan lainnya bagi korban yang mengalami bencana.

Akibat kejadian ini, warga pun belum berani masuk ke dalam rumah. Khawatir ada angin puting beliung susulan.


(rn01)