Pasar Rakyat Busalangga Diharapkan Akan jadi Pasar Harian pada Tahun 2023 Mendatang

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menandatangani prasasti peresmian Pasar Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut, Senin (21/03/2022). Foto: Dok. Humas Pemkab Rote Ndao

ROOLNews • Pasar Rakyat Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, yang beroperasi pada hari Rabu dan Sabtu setiap pekan, diharapkan akan menjadi pasar harian di tahun 2023 mendatang.

Demikian harapan yang disampaikan Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dalam sambutannya, saat meresmikan gedung baru pasar tersebut, Senin (21/03/2022).

Menurut Bupati Paulina, setelah peresmian ini diharapkan Dinas UKM Koperindag dan Badan Pendapatan bisa mendorong dan memfasilitasi aktivitas perdagangan di pasar ini untuk melakukan uji coba menjadi pasar harian.

Dikatakan Bupati Paulina, dalam rangka mendukung peralihan satus menjadi pasar harian ini, pemerintah daerah akan berupaya melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan RI untuk pembangunan tahap 2, sehingga benar-benar bisa menjadi pasar harian yang representatif.

“Kita lihat sendiri, lokasi Pasar Busalangga sangat strategis dan lahannya juga masih cukup. Sehingga, pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk pembangunan tahap 2, sehingga bisa menampung 300-an pedagang yang melakukan aktivitas jual-beli di sini,” ujar Bupati Paulina.

Bupati Paulina menyampaikan terima kasih kepada Keluarga Besar Ledoh yang telah menghibahkan lahan Pasar Busalangga kepada pemerintah daerah.

Ia juga berharap para pedagang selalu jaga kebersihan, kerapihan, keamanan, sehingga, Pasar Busalangga menjadi tempat yang nyaman bagi pembeli yang datang berbelanja di Pasar Busalangga.

Anggota DPRD Rote Ndao Nur Yusak Ndu Ufi mengatakan, sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah merespons apa yang menjadi harapan masyarakat.

Menurutnya, aktivitas Pasar Rakyat Busalangga setiap hari Rabu dan Sabtu sudah tidak muat lagi para pedagang yang melakukan aktivitas jual-beli.

“Kalau rencana pemerintah mempersiapkan menjadi pasar harian, maka ke depan tentunya sangat baik karena akan mengakomodir basodara kita yang berjualan dan juga menampung hasil pertanian dan perkebunan masyarakat karena ini pasar terbesar di Kabupaten Rote Ndao,” ujarnya.

Yusak Ndu Ufi juga mengimbau agar pemerintah dalam hal ini Perangkat Daerah terkait untuk menata secara baik pemanfaatan los pasar baru dan juga para pedagang yang menempati tempat jualan darurat, sehingga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan tetap terjaga.

Pantauan media ini, acara peresmian Pasar Busalangga ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati Rote Ndao dan pengguntingan pita oleh anggota DPRD Dapil 1 Rote Ndao Nur Yusak Ndu Ufi.

Hadir dalam acara peresmian tersebut, Forkopimda Kabupaten Rote Ndao, para Asisten, kepala Perangkat Daerah, dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan undangan lainnya. (team)