Camat Pantai Baru Lantik Tiga Penjabat Kades

Rote (ROOL)- Atas nama Bupati Rote Nda Drs Leonard Haning, MM, Camat Pantai Baru Fons C Saek, S.Sos, melantikan tiga penjabat kepala desa (kades) di gedung Gereja GMIT Imanuel Deoen, Desa Ofalangga, Kamis (4/10).
Tiga penjabat kades yang dilantik untuk masa jabatan 2018-2019 itu, yakni Daud Polin penjabat Kades Ofalangga, Soleman Tade penjabat Kades Tungganamo, dan Stefen Bedah penjabat Kades Lekona.
Daud Polin menggantikan penjabat sebelumnya Jeri G Lusi dan Soleman Tade menggantikan Markus Anggi. Sementara, Stefen Bedah dilantik melanjutkan masa jabatan hingga tahun 2019.
Fons Saek dalam sambutannya mengatakan, jabatan penjabat kades adalah kewenangan bupati, namun dirinya dipercayakan dan diberikan mandat untuk melantik para penjabat kades.
Untuk itu, kata Fons, setiap kali pelantikan penjabat kades dirinya selalu menyampaikan amanah Bupati Rote Ndao Drs Leonard Haning, MM yang meminta kepada seluruh penjabat kades untuk melaksanakan tugas dan pengabdian sebagai pelayan masyarakat, sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga terhindar dari masalah hukum.
“Penjabat kades harus melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, jangan lompat pagar dan melangar aturan. Kalau tidak paham, bertanyalah secara berjenjang kepada pimpinan dalam sistem karena banyak terjadi kades sering bertanya pada orang yang ada di luar sistem, setelah bermasalah baru tanya kepada pimpinan,” ungkap Fons.
Camat juga berpesan kepada para penjabat kades yang dilantik untuk segera bekerja mempersiapkan administrasi pencairan Dana Desa dan ADD, demi kelancaran pelayanan masyarakat di desa masing-masing.
Selain itu, Fons Saek juga meminta perhatian para penjabat kades pada tugas tambahan mempersiapkan proses pemilihan kades definitif, sehingga diharapkan para penjabat membangun kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat di desa.
“Kepada tokoh masyarakat, tokoh adat (maneleo), tokoh agama, dan tokoh pemuda yang hadir dalam acara pelantikan ini, saya meminta bergandengan tangan dengan penjabat kades yang dilantik untuk mendukung kelancaran pembangun di desa,” pinta Camat Fons.
Kepada mantan Penjabat Kades Tungganamo Markus Anggi dan mantan Penjabat Kades Ofalangga Jeri Lusi yang telah mendedikasikan
diri dalam pengabdian selama dua tahun bersama masyarakat membangun desa, atas nama Pemkab Rote Ndao, mantan Sekcam Rote Selatan ini menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya.

Jadi Bapak Warga
Terpisah, mantan Penjabat Kades Tungganamo Markus Anggie menyampaikan rasa kasih kepada Bupati Rote Ndao yang telah mempercayakan dirinya untuk menjabat sebagai kepala desa dua tahun.
Pada kesempatan itu Markus juga menitip pesan kepada penjabat kades yang baru agar menjadi bapak bagi 22 orang perangkat desa dan 900 jiwa warga Desa Tungganamo.
“Saya titipkan dua bungkus berkas, yakni 22 orang perangkat desa dan 900 jiwa warga Tungganamo. Jika 22 perangkat desa ini ada yang goyah, nasihati mereka karena kita satu bukan dua,” cetusnya.
Penjabat Kades Tungganamo Soleman Tade memohon dukungan semua komponen demi kelancaran tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan. Ia mengakui perlu mendengar masukan dari semua pihak, agar tugas yang berat ini dapat terasa ringan dan roda pemerintahan Desa Tungganamo berjalan sesuai harapan semua pihak.
Pantauan media ini, hadir dalam acara pelantikan tersebut, sejumlah undangan di antaranya Ipda Nelson Maukari dari Polsek Pantai Baru, para kepala desa tetangga, dan sejumlah tokoh adat (maneleo), tokoh agama, dan tokoh pemuda dari tiga desa tersebut. (*tim)