Perdana, MPC PP Rote Ndao Gelar Silaturahmi, Ita Esa Jaga Pancasila

BA’A, ROOLNEWS.id–Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Pancasila resmi didirikan di Kabupaten Rote Ndao. Setelah pendirinya, langsung menyelenggarakan agenda perdananya yakni menggelar acara silaturahmi dengan seluruh anggotanya, Sabtu (26/2).

Melalui Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Rote Ndao, acara silaturahminya dilangsungkan di aula hotel Videsi. Yang didalamnya juga dilaksanakan pembekalan terhadap anggota organisasi tersebut.

Ada yang menarik di dalam kepengurusanya. Di mana, tak hanya etnis atau kalangan tertentu yang terlibat di dalamnya sebagai anggota Ormas Pemuda Pancasila.

“Ormas ini sifatnya terbuka. Tidak hanya untuk kalangan tertentu dan tidak berafliasi dengan partai politik mana pun,” kata ketua MPC PP Rote Ndao, Raden Bogie Setia Perwira Nusa, kepada ROOLNEWS.id, Minggu (27/2)

“Sangat beragam warna di dalam tubuh PP Rote Ndao. Ada Muslim, Kristen juga Hindu. Begitu juga etnis, yang tidak hanya berasal dari etnis tertentu. Kami juga berharap, semuanya bergabung, agar sama-sama kita jaga Pancasila, jaga Indonesia dari batas Selatan ini,” sambungnya.

Keberagaman tersebut, menurutnya sebagai sebuah kekuatan besar yang harus disatukan. Sebab, Pancasila sebagai dasar negara, telah membingkai semangat Bhineka Tunggal Ika. Berbeda-beda tetap satu.

“Itulah dasar semangat kita sebagai anak bangsa Indonesia, sebuah bangsa yang besar. Untuk itu, menjaga dan merawat keutuhan NKRI merupakan tanggung jawab bersama,” tegasnya.

Dengan hadirnya Ormas tersebut di Kabupaten Rote Ndao, disebutnya sebagai pagar yang dibangun. Tujuanya adalah untuk mempertahankan kedaulatan NKRI dari batas Selatan Indonesia.

Dan semangat pembentukanya, juga diinisiasi oleh sejumlah tokoh pemuda Rote Ndao. Yang kemudian mempercayakan Raden Bogie Setia Perwira Nusa, sebagai ketua MPC PP Kabupaten Rote Ndao.

“Semangat dari Rote Ndao memang luar biasa. Kami bergerak bersama beberapa tokoh muda dan akhirnya, Ormas ini bisa hadir di Rote Ndao,” kata Boggie.

Selain acara silaturahmi tersebut, demikian Boggie, sekaligus dilakukan pembekalan kepada anggota MPC PP. Dengan pemateri yang disebutnya, berasal dari TNI/Polri, Kejaksaan juga dari KPUD, menyampaikan materi yang menitik-beratkan pada semangat bela negara.

Yakni, materi tentang peran serta Ormas dalam mewujudkan Kamtibmas, disampaikan oleh Kapolres Rote Ndao, AKBP I Nyoman Putra Sandita. Sedangkan peran Ormas dalam membangun kesadaran hukum, oleh Toni Aji Kurniawan, sebagai Pelaksana harian (Plh) Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao.

Selanjutnya, peran serta ormas dalam bela negara di perbatasan dan pulau terluar, oleh Kapten (Inf) Horiyanto, Komandan Rayon Militer (Danramil) 1627-01/Ba’a. Dan dilanjutkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Rote Ndao, Christian Dae Panie, dengan materi, Pemuda dalam membangun demokrasi di Kabupaten Rote Ndao.

“Itulah agenda perdana kami dengan seluruh anggota. Selain bersilaturahmi, kami juga dibekali ilmu oleh pihak-pihak yang berkompeten dalam bidang tugasnya masing-masing,” tutupnya. (tim/msrid)