Polsek Lobalain Bangun Sinergitas dengan Awak Media melalui Grup WhatsApp

Foto bersama Kapolsek Lobalain I Gde Putu Parwata dengan wartawan media cetak, elektronik, dan online di Pendopo Mapolsek Lobalain, di bilangan Kelurahan Namodale, usai kegiatan Coffee Morning, Selasa (29/09/2021). Foto: Dok.ROOLNews

ROOLNews—Kepolisian Sektor (Polsek) Lobalain, Polres Rote Ndao akan membuat Grup WhatsApp khusus sebagai media komunikasi dan sinergitas dengan wartawan media cetak, elektronik, dan online yang melaksanakan tugas peliputan di wilayah tersebut.

Hal tersebut disepakati saat kegiatan Coffee Morning yang dihadiri belasan wartawan media cetak, elektronik, dan online, di Pendopo Mapolsek Lobalain, di Kelurahan Namodale, Selasa (29/09/2021).

Dalam kegiatan yang berlangsung penuh kekeluargaan dan keakraban, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 itu, Kapolsek Lobalain I Gde Putu Parwata mengatakan, tujuan dirinya mengundang para waratwan adalah dalam rangka silaturahmi, sekaligus ingin memperkenalan diri selaku Kapolsek Lobalain yang baru dilantik Sabtu (26/09/2021) lalu.

Menurutnya, jajaran kepolisian dan wartawan merupakan mitra yang saling medukung dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan masing-masing.
Di mana karya jurnalistik para wartawan menjadi salah satu tolok ukur atau parameter keberhasilan kinerja kepolisian.

Di awal kepemimpinannya, kata Ipda Gde Parwata, dirasakan perlu mengundang rekan-rekan wartawan untuk memperkenalkan diri sekalian menjalin tali silaturahmi, dan mendapat masukan dalam pelaksanaan tugas ke depan.

“Saya harus akui bahwa dengan anggota yang terbatas jumlahnya, tentunya anggota Polsek Lobalain akan sangat terbantu apabila terjalin sinergisitas dengan rekan-rekan wartawan yang lebih intens bersentuhan langsung dengan masyarakat. Jangan melepaskan kami bekerja sendiri karena Polsek Lobalain milik kita bersama, personel yang ada juga merupakan kakak/adik dan saudara teman-teman wartawan juga,” katanya.

Ia berharap agar ke depannya antara Polsek Lobalain dan media semakin solid, serta dapat bersama-sama memberikan berita positif untuk masyarakat, terutama terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Polsek Lobalain.

Sementara itu, Wilhelmus H Geli, salah seorang wartawan media online menyampaikan terima kasih atas kegiatan silaturahmi tersebut, semoga ke depan sinergitas antara awak media dan jajaran Polsek Lobalain terjalin dengan baik.

Pada prinsipnya, kata Wilhelmus, media akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang positif yang dilakukan Polsek Lobalain. Hanya saja perlu ada pembenahan terkait komunikasi dan respons Kapolsek dan jajaran.

Menurutnya, selama ini terkadang wartawan menemui kesulitan dalam rangka konfirmasi suatu kejadian tindak pidana. Walau sudah diupayakan melalui telepon atau pesan WA kepada teman-teman di kepolisian, tetapi harus diakui bahwa responsnya masih belum sesuai harapan karena selalu terlambat.

“Dalam peemberitaan, konfirmasi kepada pihak terkait menjadi menjadi syarat utama yang harus dipenuhi untuk memenuhi unsur cover both side suatu berita. Karena terlambat direspons, sehingga banyak kali terjadi berita hanya satu narasumber. Ke depan kami berharap ada respons cepat agar berita yang diturunkan berimbang. Kalaupun yang dikonfirmasi itu terkait teknis penyelidikan atau penyidikan, tetapi paling tidak harus direspons cepat mungkin membenarkan kejadiannya dan sementara dilakukan proses pro justicia, dan akan direlease setelah informasi lengkap,” harapnya.

Merespons permasalahan tersebut, Kapolsek Gde Parwata mengatakan akan menyampaikan hal tersebut kepada pimpinan karena sesuai aturan baku kepolisian, informasi yang keluar itu satu pintu melalui Subbag Humas, setelah mempertimbangkan secara komprehenship kasus atau informasi yang dikonfirmasi wartawan tersebut.

“Kami akan sampaikan ini ke pimpinan, mudah-mudahan ke depan apa yang dikeluhkan rekan-rekan media ini bisa dicari solusinya,” tutup Gde Parwata. (team)