Lantik Pejabat Eselon II dan III, Ini Pesan Bupati

ROOL • Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, pada Selasa (3/8/2021) pagi, melantik dan mengambil sumpah jabatan delapan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan empat Pejabat Administrator lingkup pemerintah Kabupaten Rote Ndao.

Dalam amanatnya, Bupati Paulina mengatakan, para pejabat yang dilantik harus menunjukkan  integritas dan loyalitas bagi pemerintah dan masyarakat bahwa pimpinan tidak salah menilai dan memilih.

Lanjutnya, para pimpinan OPD yang dilantik harus memahami dengan baik bahwa jabatan yang diemban adalah kepercayaan dari pimpinan untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Rote Ndao.

Oleh karena itu, evaluasi kinerja akan dilakukan secara reguler. Artinya jabatan yang saat dipercayakan itu sewaktu-waktu dapat ditarik kembali, jika gagal memberikan kinerja yang terukur sesuai target pelaksanaan visi-misi masing-masing OPD.

“Menjadi kepala perangkat daerah itu artinya saudara-saudari punya kewajiban  dan loyalitas untuk melaksanakan perintah dari atasan mulai dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, dan para Asisten. Jangan melupakan etika birokrasi pemerintahan serta memahami regulasi tertulis  maupun tidak tertulis agar saudara-saudari tidak  salah bertindak diluar kewenangan yang dimiliki,” kata Bupati Paulina mengingatkan.

Menurut Bupati Paulina, manusia tidak sempurna dan tentunya semua orang mempunyai keterbatasan, akan tetapi pejabat yang dilantik hari ini dianggap cakap untuk menduduki jabatan masing-masing.

Bupati Paulina pun meminta Sekda dan para Asisten untuk memfasilitasi meningkatkan dan menyempurnakan kapasitas kepemimpinan pejabat yang baru dilantik, sehingga terlahir pemimpin-pemimpin muda yang mampu menggerakan semua sumber daya yang ada dalam mewujudkan SDM unggul dan perangkat daerah yang handal serta berwibawa.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut digelar dengan mematuhi  protokol Kesehatan, dilaksanakan di dua tempat berbeda, yakni perwakilan dua pejabat dilantik Bupati Paulina di ruang Video Conference lantai  II Ruang TBUPP, yang dihadiri Forkopimda. Sementara 10 orang lainnya mengikuti pelantikan secara virtual dari Aula pertemuan lantai 1 kantor Bupati Rote Ndao didampingi saksi rohaniwan.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Meilon B Sulla, Bernad Sulla,SH mengatakan Pejabat Eselon IIb dilantik berdasarkan Keputusan Bupati  Kep. 821/121/BKPP 2.2. Tanggal 2 Agustus 2021, sedangkan Eselon IIIb,  IIIa dan IVa sesuai dengan keputusan Mendagri No.821.23-2469 hingga 2676 pada tanggal 16 Juni 2021.

Para Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2PAPPKB) Regina Asnat Kedoh, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yesy Dae Pany, Kepala Dinas Kesehatan Nelly Febriany Riwu, Kepala Dinas Perhubungan Elias Talomanafe, Kepala Dinas Perikanan Jusup Benyamin Mesakh, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Morids DE Bulan, dan Kepala Dinas Peternakan Hermanus Haning, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Johni Manafe.

Sementara itu, 4 pejabat administrator yang dilantik semuanya di lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yakni Mesakh Daniel Tungga sebagai Sekretaris, Josua Dethan sebagai Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data, Siyane E Haning sebagai Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, dan Jodian A Suki sebagai Kepala Seksi Pendataan Penduduk.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut adalah Wakil Bupati Stefanus M Saek, Danal Pulau Rote Letkol Laut (P) Mohammad Noordin Mutaqien, Wakapolres Rote Ndao Kompol I Nyoman Surya Wiryawan, Kasdim 1627/Rote Ndao Mayor (Inf) M Basuki, Kepala Kantor Kemenag Rote Ndao Abnela Fobia, Sekda Jonas M Selly, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Meilon B Sulla, dan rohaniawan pendamping Pdt. Lea Suki-Dolpali. (*/idf)