Jelang Idul Adha, Bupati Rote Ndao Salurkan Hewan Kurban untuk Umat Muslim

ROOL • Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stefanus M Saek, didampingi Kadis PUPR Dominggus Modok, Plt Kadis Peternakan Hermanus Haning, dan Kabag Umum Handryans Bessie, menyalurkan hewan kurban bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Pemerintah Provinsi NTT, Senin (19/07/2021).

Penyerahan dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu di Masjid An-Nur Metina dan Masjid Al-Fatah Olafuliha’a.

Bupati menyalurkan bantuan hewan kurban berupa 1 ekor sapi yang merupakan amanah dari Menteri PUPR bagi umat muslim di Masjid An-Nur, Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain, juga 1 ekor sapi sumbangan Gubernur NTT dikhususkan bagi umat Masjid Al-Fatah, Kelurahan Olafuliha’a, Kecamatan Pantai Baru.

“Bantuan hewan kurban berupa dua ekor sapi ini merupakan amanah dari Pak Menteri PUPR dan Pak Gubernur NTT, yang telah kami salurkan melalui Imam, Pengurus Masjid, dan Panitia Idul Adha masing-masing masjid,” kata Bupati.

Sementara itu, bantuan dari Pemkab Rote Ndao, kata Bupati Paulina, bentuknya bantuan hibah Idul Adha bagi 10 masjid berupa uang tunai Rp 10 juta untuk tiap masjid, yang telah disalurkan sebelumnya kepada Panitia Idul Adha masing-masing masjid untuk membeli sendiri hewan kurban sesuai kebutuhan.

Pantauan media, saat penyerahan juga Bupati Paulina menyerukan kepada umat muslim melalui Imam, Pengurus Masjid, dan Panitia Idul Adha, agar tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan dalam seluruh rangkaian ibadah yang dilaksanakan, agar dapat meminimalisir penularan Covid-19 di wilayah masing-masing karena saat ini kasus terkonfirmasi positif sudah mencapai angka 400-an orang.

Terpisah, Ketua Panitia Idul Adha Masjid An-Nur Metina Ahmad Haji Umar Kiah mewakili umat, pengurus masjid, dan Imam Masjid An-Nur menyampaikan terima kasih kepada Menteri PUPR dan Bupati Rote Ndao atas bantuan hewan kurban yang diberikan.

Ahmad Kiah juga mengatakan umat Masjid An-Nur Metina mendoakan agar Menteri PUPR, Bupati, dan Wakil Bupati selalu diberikan hikmah dan hidayah dari Allah SWT dalam memimpin dan melayani masyarakat. 

Selain itu, mendoakan seluruh rakyat Indonesia agar dijauhkan, dikuatkan, dan segera dipulihkan dari bencana non alam Covid-19 yang saat ini sedang melanda.

Sementara itu, Ketua Panitia Idul Adha Masjid Masjid Al-Fatah, Kelurahan Olafuliha’a Abdul Muti juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTT dan Bupati Rote Ndao atas bantuan yang diberikan kepada umat muslim di masjid tersebut.

Ia mengatakan, panitia kurban telah bersepakat untuk menyembelih hewan kurban dan menyalurkannya ke masing-masing keluarga penerima untuk menghindari penumpukan massa, sekaligus menjalankan protokol kesehatan dalam rangka turut membantu meminimalisir penyebaran Covid-19.

Kabag Umum Setda Rote Ndao Handryans Bessie menjelaskan, ke-10 masjid yang menerima bantuan hibah Idul Adha 1442 Hijriah, yakni Masjid An-Nur, Kelurahan Metina dan Masjid Al-Ikhwan, Kelurahan Namodale (Kecamatan Lobalain). Masjid Al Muhajirin, Al-Bahari, dan Al-Mujahidin di Desa Papela (Kecamatan Rote Timur). Masjid Nurul Bahar, Desa Oeseli dan Masjid Nurul Iman, Desa Batutua (Kecamatan Rote Barat Daya). Masjid Al-Fatah, Kelurahan Olafuliha’a dan Masjid Ar-Rahman, Desa Oenggae (Kecamatan Pantai Baru), dan Masjid Jamiatul Islamiah Oelaba, Desa Oelua (Kecamatan Loaholu). (*tim)