Forkom P2HP Tekankan Wujud Kesetaraan Gender Dalam Berbagai Bidang

ROOL • Guna meningkatkan status, fungsi dan peranan perempuan dalam rangka mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender serta mewujudkan keterlibatan perempuan dalam berbagai bidang, maka Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Rote Ndao melalui Forum Komunikasi (Forkom) Pemerhati dan Perjuangan Hak-Hak Perempuan (P2HP) Kabupaten Rote Ndao menggelar sosialisasi peningkatan partisipasi perempuan di bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi, Senin (29/3/2021) bertempat di aula Hotel Videsy Ba’a.

Dalam laporan panitia penyelenggara Forkom P2HP Adel Mali – Da Silva, yang disampaikan oleh Laheroy Bua mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dalam upaya pencegahan terjadinya kekerasan dan mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di Rote Ndao maka perlu keterlibatan dari semua pihak.

“termasuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam berbagai bidang termasuk politik, ekonomi, sosial dan hukum,” Kata Laheroy.

Terpantau kegiatan ini digelar sesuai protokol kesehatan, panitia menyediakan tes suhu, tempat cuci tangan dan peserta wajib pakai masker dan menjaga jarak.

Peserta yang hadir mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Organisasi- Organisasi Perempuan. Tokoh Agama. Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Pemerhati Perempuan, Kepolisian dan Pemerintah Desa.

Materi dan Narasumber Materi yang disajikan pada kegiatan ini meliputi; Materi Gender and Justice yang akan disampaikan oleh PIt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Rote Ndao Regina A. V. Kedoh, S.STP, M.Si.

Sementara itu, materi sinergi antar penegak hukum dan organisasi perempuan perkuat penanganan dan pencegahan kasus kekerasan terhadap perempuan disampaikan oleh Kasat Reskrim dan Kanit PPA  Reskrim Polres, Oktovianus Lay, SH mewakili Kapolres Rote Ndao AKBP Felli Hermanto. SJ.K, M.Si.

Untuk diketahui, anggaran kegiatan sosialisasi terkait dengan kesetaraan gender pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak ini bersumber dari APBD Kabupaten Rote Ndao pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Rote Ndao Tahun Anggaran 2021. (*/JS)