Bupati Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa di Landu Leko

ROOL • Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Senin (29/3) kemarin membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa, di Resto Mama Hoko, Desa Daiama, Kecamatan Landu Leko, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Dalam sambutannya Bupati meminta para Kepala Desa dan penjabat Kepala Desa untuk mengoptimalkan peran dari seluruh perangkat desa untuk bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Kepala Desa dan Penjabat Kepala Desa tolong fungsikan semua perangkat desa yang ada. Jangan semua hal dilakukan sendiri. Keuangan desa dipegang oleh Bendahara Desa atau Kepala Urusan Keuangan, kades tidak boleh pegang uang,” tegas Bupati.

Bupati juga menghimbau semua kades, bendahara, kepala urusan keuangan agar dalam hal pengelolaan keuangan desa harus mengedepankan prinsip kehati-hatian dan ketelitian. Agar tidak Bermasalah Hukum, Dana Desa harus dikelola dengan baik.

Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur dalam pengelolaan keuangan desa.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada Dinas PMD Kabupaten Rote Ndao Dolorosa M Bria kepada media mengatakan, kegiatan Bimtek untuk 112 desa se-Kabupaten Rote Ndao mulai dilaksanakan 29 Maret hingga 12 April 2021, yang dibagi dalam enam wilayah pelaksanaan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Pembukaan dilaksanakan di Resto Mama Hoko, Desa Daiama ini untuk Kecamatan Landu Leko dan Rote Timur.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa bagi para kepala desa, sekretaris desa, dan para operator komputer serta operator aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) dari 112 desa se-Kabupaten Rote Ndao.

Untuk diketahui, acara pembukaan dilaksanakan di Resto Mama Hoko tersebut melibatkan peserta dari Kecamatan Landu Leko dan Rote Timur, dan dibuka oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu.

Sementara itu, Kecamatan Pantai Baru dan Rote Tengah akan dilaksanakan di aula kantor Camat Pantai Baru, 31 Maret 2021.

Kecamatan Lobalain dan Rote Selatan di auditorium Ti’i Langga, 7 April 2021. 

Kecamatan Rote Barat Laut dan Loaholu di aula kantor Camat Rote Barat Laut, 9 April 2021.

Kecamatan Rote Barat Daya, 12 April 2021 dan terakhir di Kecamatan Rote Barat dan Ndao Nuse, yang dipusatkan di kantor Camat Rote Barat. (*/tim/vnfj)