Jelang 17 Agustus, Penjual Bendera Merah Putih Mulai Bertebaran di Kota Ba’a

ROOL • Menjelang peringatan perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus. Walaupun kemeriahan dilaksanakan masih menghitung hari, Bendera Indonesia sudah bertebaran menghiasi bahu jalan di berbagai wilayah Nusantara, tidak terkecuali di wilayah Kota Ba’a.

Moment ini juga dimanfaatkan oleh pedagang dengan menjual beraneka ragam bentuk bendera merah putih serta umbul-umbul beraneka warna.

Bedasarkan pantauan ROOL dilapangan, Selasa (8/8/2017) sejak awal pekan para pedagang bendera maupun pernak-pernik merah putih lainnya sudah terlihat bermunculan di pinggiran jalan, seperti sepanjang Jalan Mokdale-Utomo, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain, Rote Ndao.

Menurut para pedagang, penjualan bendera maupun pernak-pernik lainnya kali ini, sudah mulai terjual sejak satu pekan yang lalu meskipun tidak begitu banyak. Namun setelah mendekati parayaan 17 Agustus penjualan sudah mulai lancar.

Salah satu pembeli bendera, Jai Manu warga Lalukoen, kecamatan Rote Barat Daya,  rela jauh-jauh dari rumahnya ke kota untuk membeli bendera. Menurutnya, tidak harus menunggu perintah atau instruksi dari pemerintah baru kemudian memasang bendera, tapi ini sudah kewajiban kita.

“ini sudah menjadi kewajiban kita memasang bendera kemerdekaan” ungkap Jai Manu.

Moment ini tentu menjadi kessempatan bagi penjual pernak pernik 17-an untuk  mempertebal kantong. Abdul salah satunya. Dia sudah mulai berjualan sejak tanggal 1 Agustus lalu di Jalan Utomo tepat disamping bengkel Sasando.

Pernak pernik yang dijual pun beragam dengan harga yang bervariasi.

Untuk harga bendera yang paling besar ukuan 60 cm kali 120 cm harga Rp 30.000,  bendera yang kecil ukuran 60 cm kali 90 cm dijual dengan harga Rp 25.000 sedangkan untuk umbul-umbul dijual dengan harga Rp 30.000 hingga Rp 40.000 tergantung ukuran dan jenisnya.

Abdul kepada media mengaku pendapatan hasil jual bendera tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya hal ini tersebut dikarenakan antusias warga Rote Ndao menyambut 17 Agustus meningkat tahun ini.

“tahun ini lumayan (keuntungannya), karena warga sangat berantusias menyambut 17 Agustus,” kata Abdul.

Warga di Kota Ba’a terlihat sangat serentak memasang bendera merah putih. Dengan merayakan hari kemerdekaan yang ke-72, diharapkan bangsa Indonesia yang saat ini sedang bangkit dari segala aspek nasional mampu lebih baik lagi dengan semangat nasionalisme. #kerja_bersama (*/dw/r01)