30 Desa di Rote Ndao Resmi Definitif

ROOLNEWS.ID • Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM., secara resmi mengumumkan status Desa Persiapan menjadi Desa Definitif yang ditandai dengan pembacaan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 146/3360/BPD, Tanggal 7 Juni 2017, oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao, Jeremia A J Messakh, tentang pemberian kode desa di Kabupaten Rote Ndao.

Sebelum ditetapkan menjadi desa definitif, 30 desa tersebut berstatus desa persiapan, dengan diterbitkannya nama dan kode 30 desa tersebut, maka jumlah desa di Kabupaten Rote Ndao bertambah dari 82 menjadi 112 desa.

“perlu pemerintah sampaikan bahwa usulan pemekaran desa pada tahun 2017 dari sejumlah kabupaten di Indonesia hanya usulan pemekaran desa dari pemerintah kabupaten Rote Ndao yang memenuhi syarat sehingga disetujui menjadi desa defenitif oleh pemerintah pusat. Hal ini dikarenakan proses pemekaran desa di kabupaten Rote Ndao telah mempedomani seluruh tahapan dan prosedur yang disyaratkan oleh Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” kata Bupati Haning pada momentum Hari Ulang Tahun Rote Ndao ke-15, yang di gelar alun-alun rumah Jabatan Bupati Rote Ndao di Ne’e Mok, desa Sanggaoen, kecamatan Lobalain, Senin (03/07) pagi.

Pemerintah bertekad untuk terus meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pelayanan kepada masyarakat Rote Ndao, untuk diketahui, sebelumnya terdapat 72 desa di tahun 2002, kemudian bertambah menjadi 82 desa pada tahun 2010 dan akhirnya pada tahun ini (2017) bertambah menjadi 112 desa dimana 30 desa persiapan telah disetujui menjadi desa definitif, sesuai surat Menteri Dalam Negeri kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor: 146/3360/BPD pada tanggal 7 Juni tahun 2017, hal pemberian kode desa di kabupaten Rote Ndao.

30 desa definitif

Kecamatan Rote Barat Daya:
Desa Lentera,
Desa Sanggandolu,
Desa Sakubatun,
Desa Fuafuni,
Desa Dalek Esa

Kecamatan Rote Barat Laut:
Desa Holulai,
Desa Hundihuk,
Desa Oebole,
Desa Saindule,
Desa Tasilo,
Desa Balaoli,
Desa Mundek,
Desa Busalangga Timur,
Desa Busalangga Barat

Kecamatan Lobalain:
Desa Lekunik,
Desa Loleoen,
Desa Kuli Aisele,
Desa Oeleka

Kecamatan Rote Tengah:
Desa Siomeda

Kecamatan Rote Selatan:
Desa Pilasue dan Desa Nggelodae

Kecamatan Pantai Baru:
Desa Lekona,
Desa Oenggae,
Desa Fatelilo,
Desa Ofalangga

Kecamatan Rote Timur:
Desa Pengodua,
Desa Batefalu,
Desa Papela,
Desa Matanae

Kecamatan Landu Leko:
Desa Tena Lai

(*/r01)