Mendes serahkan bantuan DAK Transportasi Perdesaan, Antropometri Kit, dan Lentera Air Garam untuk Pemkab Rote Ndao

ROOL – Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, menerima bantuan alokasi khusus untuk transportasi perdesaan senilai Rp10,9 miliar dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. 

Penyerahan bantuan simbolis dilakukan oleh Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) kepada Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, dalam acara Pesta Rakyat yang diadakan untuk memperingati sembilan tahun Undang-Undang Desa, Sabtu (14/01/2022) malam, Mendes PDTT secara simbolis menyerahkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Transportasi Perdesaan senilai Rp 10,9 Miliar, bantuan peralatan kesehatan Antropometri Kit untuk 12 Puskesmas, serta lampu (lentera) tenaga air garam untuk desa pesisir yang belum berlistrik kepada Bupati Rote Ndao.

Dalam pidatonya, Abdul Halim menyatakan bahwa Undang-Undang Desa merupakan hal yang sangat penting karena desa memiliki otonomi dalam mengelola penduduk, pranata lokal, dan sumber daya ekonominya sebelum kemerdekaan Indonesia. Dia menambahkan bahwa desa merupakan fondasi, akar tunggang, dan jangkar dari Indonesia.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Mendes dan Wamendes PDTT serta seluruh pejabat tinggi yang hadir dalam acara Peringatan Sembilan Tahun Undang-Undang Desa di Rote Ndao.

Bupati menyatakan harapannya bantuan yang diberikan tidak hanya sekali tetapi merupakan awal perhatian yang diberikan kepada masyarakat Rote Ndao. 

“Kami pemerintah dan masyarakat Rote Ndao sangat berbangga dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Harapannya bantuan ini bukan yang terakhir tetapi ini awal perhatian kepada masyarakat Rote Ndao karena Rote Ndao selalu ada di hati Gus Menteri bersama jajaran,” imbuh Bupati Paulina.

Acara tersebut dihadiri oleh Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi, seluruh Pejabat Tinggi Pratama, Kepala Dinas PMD Nusa Tenggara Timur, Wakil Ketua DPRD NTT, Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao, Ketua dan anggota DPRD Rote Ndao, jajaran Forkopimda, Sekda, dan pimpinan Perangkat Daerah, serta ribuan masyarakat dari seluruh kecamatan.  Di tempat itu juga digelar pameran produk UMKM dan hiburan artis asal NTT Marion Jola dan Dina Sorowea. (*tm)