Bupati PHB Hadiri Syukuran Natal dan Tahun Baru Suku Tolaumbuk

ROOL – Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu (PHB), bersama rombongan menghadiri syukuran Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Keluarga Besar Suku Tolaumbuk di Mataboaoen, Desa Oehandi, Kecamatan Rote Barat Daya, Rabu (18/1/2023) sore.

Perayaan tersebut dihadiri Bupati bersama para asisten, sebagian besar pimpinan Perangkat Daerah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Tiba dilokasi, Bupati bersama rombongan disambut dengan Iring iringan kuda secara adat.

Acara syukuran dipimpin oleh Pdt. Esri Pono, S.Th.  Dalam ibadah tersebut, Pendeta Esri menyampaikan pesan Natal dan Tahun Baru yang menekankan pentingnya menjaga pelita kehidupan agar tetap menyala, menjadi sumber terang dan berkat bagi sesama.

Menjaga Pelita tetap nyala, berarti kita harus hidup dalam terang (bukan dalam kegelapan). Selain itu juga hidup menjadi “terang” bagi sesama yang ada disekitar kita. Maka Pelita harus tetap dijaga agar selalu menyala agar hidup tidak menjadi gelap.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu memimpin langsung Paduan Suara pimpinan Perangkat Daerah menyanyikan lagu Natal dalam Ibadah perayaan Natal dan Tahun Baru Keluarga Besar Suku Tolaumbuk.

Mendukung Program Pemerintah

Untuk diketahui Suku Tolaumbuk ini terdiri dari 28 marga (famili) yang tergabung dalam suku tersebut. 

Kepala Suku Tolaumbuk, Benyamin Koamesah, mengatakan bahwa saat ini ada 2029 kepala keluarga dalam suku tersebut.

Benyamin mengajak seluruh anggota keluarga Suku Tolaumbuk untuk mendukung program pemerintah dan bekerja sama dengan pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia, memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anak.

Menurut Benyamin, pendidikan penting untuk masyarakat yang berpengetahuan, berdaya, dan memiliki kontribusi penting mendukung bagi kehidupan keluarga masyarakat adat, baik saat ini maupun masa depan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, dalam sambutannya mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru bagi keluarga besar Suku Tolaumbuk. Ia juga memberikan apresiasi atas partisipasi aktif masyarakat adat Suku Tolaumbuk dalam mendukung program pemerintah.

“Kita bersyukur melewati tahun 2022 dengan cinta kasih dan perlindungan Tuhan dan kini sudah memasuki Tahun Baru 2023.” Tambah Bupati.

Sementara itu, Maneleo Ina Huk, Leonard Haning dalam Sekapur Siri juga mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru bagi seluruh keluarga besar masyarakat adat, Suku Tolaumbuk. Leornard juga menyampaikan pesan kepada Keluarga Besar Suku Tolaumbuk dalam menghadapi tantangan ekonomi kedepan, usahakan untuk Berhemat dan tidak boros.

“Mari kita menanam cabai dan sayur, ini bisa dijual, sebagai cara untuk siap, jika resesi terjadi., Juga bisa menghindari masyarakat dari kekhawatiran berkurangnya pasokan bahan pangan.” Tambah Leornard. (RN)