Hus Kuda, Usman Husin Cup I Rote Ndao Digelar di Modosinal

ROOL – Piala bergilir Hus Kuda, Usman Husin Cup kembali menjadi pusat perhatian masyarakat saat tradisi Hus (atraksi kuda hias) digelar kembali oleh Usman Husin.

Pagelaran Hus Kuda ini menjadi sorotan utama dengan ratusan peserta berkuda dari berbagai desa yang turut ambil bagian dalam acara yang berlangsung di Lapangan Oeoko, Desa Modosinal, Kecamatan Rote Barat Laut pada Sabtu (22/7/2023).

Sebagaimana dalam tradisi Rote, Hus Kuda adalah sebuah atraksi budaya berkuda masyarakat Rote Ndao, atraksi berkuda ini menarik perhatian karena kuda-kuda yang menjadi peserta dihias dengan berbagai ornamen dan atribut seperti bendera, sekaligus perlombaan ketangkasan berkuda.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat setempat, termasuk Camat Rote Barat Laut Josua Dethan mewakili Bupati Rote Ndao, Wakapolres Rote Ndao Kompol Anthonius Mengga, Kabag Ops AKP Muhamad Nawawi, Kasat Narkoba Iptu Marthen K. Balukh, Pasi Ops Kodim 1627/Rote Ndao Letda (Inf) David Mooy, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta komunitas pencinta kuda.

Adapun penonton yang memadati area, bukan hanya untuk menyaksikan atraksi kuda hias, tetapi juga untuk menikmati pertunjukan silat kampung.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan pukulan tambur oleh Camat Rote Barat Laut.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Rote Ndao oleh Camat Rote Barat Laut Josua Dethan, mengajak para peserta untuk menjadikan kegiatan ini sebagai ajang hiburan serta membangun persaudaraan antar sesama.

Ia menyampaikan pesan Bupati Rote dengan harapan bahwa masyarakat Rote Ndao dapat terus mempertahankan dan melestarikan nilai dan tradisi leluhur ini.

“Saya berharap kedepannya tradisi Hus, silat kampung, dan budaya lainnya ini dapat menjadi salah satu atraksi budaya yang bisa dikembangkan menjadi daya tarik wisata,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Usman Husin mengatakan sebagai anak Rote yang peduli dengan kelestarian tradisi hus, ia ingin menggelar event akbar yang melibatkan masyarakat seluruh Rote Ndao. Ini juga sekaligus menjadikan tradisi ini menjadi sebuah daya tarik wisata.

Untuk diketahui, Peserta akan memerebutkan piala Usman Husin Cup I Rote Ndao yang didatangkan secara khusus dari Jepara, Jawa Tengah. Bahannya berkelas premium.

Sebagai bagian dari kegiatan tersebut, Usman Husin menyerahkan Dedeo kepada empat perwakilan, yakni Asar Ndun dari Desa Loman, Ebenliter Lilo dari Desa Saindule, Alex Ndolu dari Desa Balaoli, dan Alfred Suki dari Desa Oehandi. Ajang ini adalah bentuk nyata dari upaya untuk mempertahankan dan melestarikan warisan budaya. (*/mbp)