Rote Budayakan Membaca Lewat Lomba Bercerita

ROOLNEWS.ID • Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Setda Rote Ndao gelar lomba bercerita bagi siswa-siswi SD/MI dan lomba Pidato bagi SMA/SMK dalam rangka pengembangan minat budaya baca tingkat Kabupaten Rote Ndao.

Kepala Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Setda Rote Ndao, Morids D E Bulan dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Nelly Maakh di Ba’a, Selasa (6/6) mengatakan, kegiatan tersebut sekaligus mengembangkan minat baca dan budaya baca bagi anak.
“ini dapat meningkatkan kecintaan, minat dan kegemaran membaca,” ujar Nelly.

Salah satu peserta asal SD 1 Ba’a, Destalia Marcendasari Nalle membawakan cerita rakyat Rote Ndao “babala oli”, Selasa (6/6/2017)

Selaku panitia, Nelly menrincikan untuk lomba bercerita siswa-siswi SD terdiri dari sembilan orang yang berasal dari tujuh kecamatan, sementara itu untuk lomba pidato siswa-siswi SMA/SMK diikuti Sembilan orang peserta dari tiap kecamatan terkecuali kecamatan Ndao Nuse dan Landu Leko karena tidak terdapat SMA sederajat di kecamatan tersebut.

“khusus juara satu, akan mewakili kabupaten Rote Ndao pada lomba minat baca tingkat Provinsi NTT di Kupang pada bulan Juli mendatang,” katanya.

Sementara itu, Setda Rote Ndao, Jonas M Selly dalam sambutannya mengatakan, budaya minat baca siswa-siswi sejauh ini masih dinilai masih sangat rendah, oleh karena itu perlu didorong para siswa-siswi untuk banyak membaca.

“budaya baca adalah tuntutan dunia modern yang perlu digerakan sehingga kita benar-benar menjadi masyarakat belajar,” ujar Jonas.

Ia juga mengapresiasi kegiatan tersebut karena penting untuk pengembangan generasi mendatang. Berharap para peserta dari Rote Ndao akan membawa harum daerah lewat lomba bercerita. (r01)