Pemkab Rote Ndao Raih BKN Award 2017

ROOLNEWS.ID • Pengelolaan Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Rote Ndao diapresiasi oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dengan menganugerahkan BKN Award tahun 2017 kepada Kabupaten Rote Ndao. Pemerintah Rote Ndao dinilai sebagai pengelola kepegawaian terbaik tingkat kabupaten/kota tipe C.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, kepada Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Rote Ndao, Hermanus Haning pada Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian BKN 2017, Rabu (10/5) di Jakarta Convention Center (JCC), Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

BKN Award merupakan wujud semangat pengelola kepegawaian guna menyajikan excellent service atau layanan prima kepada masyarakat. Penghargaan ini diberikan kepada kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota yang dilaksanakan untuk kali ketiganya sejak 2015.

“Puji Tuhan. Penghargaan ini merupakan wujud nyata atas komitmen Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dalam pengelolaan Aparatur Sipil Negara yang profesional, berkinerja dan berkualitas,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M Selly, MM, Jumat (19/5/2017) kepada ROOL diruang kerjanya.

Jonas mengatakan penghargaan ini hanya diberikan kepada 15 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota diseluruh Indonesia. Ini hal yang luar biasa, ini membuktikan bahwa pengelolaan kepegawaian di kabupaten Rote Ndao professional, manajamen sudah sesuai dengan yang diharapkan.

“kita pertahankan hasil penilaian yang ada, semoga ke depan lebih lagi,” harap Jonas.

Sementara itu, Plt Kepala BKPP Rote Ndao, Hermanus Haning mengatakan proses penjurian menggunakan sembilan variabel yang ditetapkan BKN. Variabel tersebut adalah perencanaan formasi, pelayanan pengadaan, pelayanan kenaikan pangkat,pelayanan pensiun,implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK), pemanfaatan CAT BKN, penilaian kompetensi, implementasi penilaian kinerja, dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian.

Selain Rote Ndao, ada 19 daerah lain yang mendapat apresiasi dari BKN sebagai pengelola kepegawaian terbaik. Pemberian penghargaan tersebut dibagi menjadi empat kategori, yaitu lima pemerintahan tingkat provinsi, lima tingkat kabupaten dan kota tipe A, B, dan C.

Adapun lima provinsi yang mendapat BKN Award 2017, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Jawa Timur. Lima kabupaten dan kota tipe A, yaitu Kabupaten Banggai, Kabupaten Banyuwangi, Kota Semarang, Kota Sorong, dan Kota Ternate.

Lima kabupaten dan kota tipe B, yaitu Kota Banda Aceh, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Tobasa. Lima Kabupaten dan kota tipe C, yaitu Kota Blitar, Kota Kotamubagu, Kota Tarakan, Kota tebing tinggi, Kabupaten Rote Ndao. (*)