BNNK Rote Ndao Gelar Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba

ROOLNEWS • Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Rote Ndao terus berupaya menggandeng berbagai pihak untuk memberantas narkoba, tidak terkecuali di Lingkungan Pendidikan dan Masyarakat dengan menggelar kegiatan Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba selama dua hari, 21-22 Agustus 2019 di Aula Hotel Anugerah Nembarala, Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Kepala BNNK Rote Ndao Kompol Muhamad Irfan, S.Sos.,MM mengatakan permasalahan narkoba perlu di tangani secara komprehensif dan integral dengan mengupayakan langkah-langkah menyeluruh baik dari segi pengurangan permintaan (demand reduction) maupun pengurangan pasokan (supply reduction).

“ini perlu dilakukan secara komprehensif dan dilakukan bersama oleh semua pihak untuk mewujudkan komitmen pembangunan berwawasan anti narkoba,” Ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dukungan dari lingkungan pendidikan dan masyarakat guna menciptakan regulasi atau kebijakan untuk tes urine secara mandiri, sosialisasi P4GN secara mandiri untuk melakukan pencegahan di lingkungan masing-masing secara masif dan proaktif serta saling memberikan informasi antara lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat dengan BNNK Rote Ndao dalam upaya P4GN.

Adapun kegiatan asistensi dalam rangka penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba di lingkungan pendidikan dan masyarakat ini ikuti puluhan peserta yang berasal dari SMA Negeri 1 Rote Barat, SMK 1 Negeri Rote Barat, Desa Oenitas, Desa Oelolot dan Desa Oenggaut.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa pemateri, pada hari pertama adalah Kepala BNNK Rote Ndao Kompol Muhamad Irfan, S.Sos.,MM, Plt. Kasi P2M BNNK Rote Ndao Reyza N. Johanis, S.KM, Kaur Mintu Satresnarkoba Polres Rote Ndao Brikpol Indra Firman Mautuka,  Asesor BNNK Rote Ndao dr. Patmi Wulandari dan Penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNNK Rote Ndao Mona E. Siagian, S.KM yang secara bergantian menyampaikan materi tentang Narkotika dan Permasalahannya, Peran Relawan Anti Narkotika di Kabupaten Rote Ndao, Narkotika dalam Perspektif Hukum, Pentingnya Rehabilitasi Medis dan Sosial serta Pencegahan di Lingkungan Pendidikan, Pekerja dan masyarakat (Keluarga).

Sedangkan yang menjadi pemateri di hari kedua adalah Pendiri Rote Bergerak Sherwin Ufi, S.KM., MPH dan Pimpinan Umum ROOL News Ricky Ndolu, S.Kom serta Plt. Kasi P2M BNNK Rote Ndao Reyza N. Johannis, S.KM yang secara bergantian menyampaikan materi tentang  Teknik Presentasi dan Komunikasi Efektif, Teknik Pemanfaatan Media Komunikasi serta Rencana Aksi P4GN dan Simulasi.

Terpisah, Plt. Kasi P2M BNNK Rote Ndao Reyza N. Johannis, S.KM mengatakan kegiatan ini merupakan strategi upaya Pencegahan BNN untuk mengadvokasi lingkungan pendidikan dan masyarakat untuk menyusun rencana aksi P4GN di lingkungan masing-masing agar dapat berperan aktif dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan hidup sehat, mempunyai daya tangkal dan daya lawan terhadap penyalahgunaan narkoba. (*/rn/rj)