Lahan Kantor Disulap Jadi Kebun, Camat RBL Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan

ROOLNEWS.ID • Camat Rote Barat Laut (RBL), Elias Talomanafe  mulai bergerak cepat memanfaatkan lahan tidur di sebanyak 4 hektar disekitar kantor camat untuk menanam beraneka tanaman, guna mendukung program Lakamola Anan Sio untuk mengatasi rawan pangan dan menjadi gerakan moral serta dengan spirit mempertahankan budaya gotong royong yang  ditanamkan para  leluhur.

Hal ini dilakukan atas inisitaif sendiri mengelola lahan yang sebelumnya kosong. Pemanfaatan lahan ini sudah dilakukan sejak tahun 2016.

“kalau lahan tertidur itu pasti karena orang-orangnya tertidur” kata Elias di kantor camat Rote Barat Laut, Jumat (27/1).

Inisiatif ini sebagai bentuk pemberian contoh kepada para pegawai di kecamatan RBL agar tidak hanya berdiam diri tapi memanfaatkan apa yang ada untuk menghasilkan sesuatu.

Ada banyak jenis tanaman yang menghiasi lahan tersebut, seperti jagung, kacang-kacangan, kangkung, terung, singkong dan pepaya.

Meskipun curah hujan tidak menentu, camat RBL yakin bahwa dirinya dan seluruh pegawai kecamatan akan menikmati hasil panen tahun ini.

Camat juga mengajak warganya memanfaatkan lahan tidur milik masing-masing.

Ia  berharap masyarakat di wilayahnya bisa memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing, untuk menanam berbagai jenis tanaman dalam rangka mendukung gerakan Lakamola Anan Sio yang menjadi icon program Pemerintah Kabupaten Rote Ndao. (ms/dt)