Rote Ndao Bermartabat 2045, Visi Menuju Pembangunan Jangka Panjang

Rote Ndao, ROOLNEWS.ID – Penjabat Bupati Rote Ndao, Oder Maks Sombu, membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tahun 2024 pada Senin (18/3).

Kegiatan ini dilakukan secara virtual di ruang TBUPP Kantor Bupati Rote Ndao. Hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Inf Alber Inkiriwang, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, Sekretaris Daerah Jonas M. Selly, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning, dan sejumlah Kepala OPD.

Oder Maks Sombu menjelaskan bahwa RPJPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang menjadi pedoman untuk memberikan arah pembangunan terhadap kebijakan dan strategi pembangunan jangka panjang daerah tahun 2025-2045. RPJPD juga menjadi dasar penyusunan RPJMD secara teknokratik dan pedoman dalam perumusan visi Kepala Daerah.

RPJPD Kabupaten Rote Ndao Tahun 2025-2045 mengusung visi “Rote Ndao Bermartabat 2045” yang berarti Rote Ndao yang Bersatu, Mandiri, Tangguh, Berbudaya dan Adaptif. Visi ini dijabarkan dalam 6 misi:

  1. Membangun SDM yang berkompeten, sehat dan unggul.
  2. Meningkatkan perekonomian daerah yang inklusif, maju dan berdaya saing.
  3. Mewujudkan kesejahteraan sosial, ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.
  4. Meningkatkan ketangguhan bencana dan adaptasi perubahan iklim serta lingkungan hidup berkelanjutan.
  5. Meningkatkan infrastruktur yang universal, tangguh dan menyeluruh.
  6. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien.

Oder Maks Sombu menekankan pentingnya partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam membangun daerah. Forum Konsultasi Publik dan Musrenbang menjadi wadah untuk membuka secara luas partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam membangun Rote Ndao 20 tahun ke depan.

“Lewat partisipasi semua pemangku kepentingan, bahkan seluruh komponen masyarakat, akan memberikan kontribusi dan menghasilkan Rancangan Awal RPJPD yang lebih komprehensif dan berkualitas untuk kepentingan pembangunan masyarakat dan daerah ini,” tuturnya.

Sementara itu, Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2024 mengangkat tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Ekonomi Daerah dan Pembangunan Infrastruktur Yang Inklusif dan Berkelanjutan.” Tema ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan Rote Ndao yang bermartabat, baik dari sisi SDM, ekonomi dan infrastruktur secara inklusif dan berkelanjutan.

Musrenbang ini diikuti oleh perangkat daerah Pemkab Rote Ndao, para Camat, Forkompimca serta para pemangku kepentingan. Para Camat menyampaikan laporan tentang usulan rencana pembangunan beserta rencana pagu di wilayah masing-masing secara virtual.

Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan bersama dalam menetapkan kegiatan prioritas di tahun anggaran 2025, serta solusi-solusi kreatif dan inovatif terhadap berbagai permasalahan pembangunan yang dihadapi Rote Ndao. (*/editor: mbp | foto: dok.DKISP_Rote Ndao)