Sambut Reformasi Gereja, GMKI Gelar Berbagai Kegiatan di Nusa Manuk

ROOL • Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ba’a, mengadakan kegiatan Reformasi Gereja dan Bakti Kasih Ilmiah II  (dua) di dusun Nusa Manuk, Desa Fuafuni, Kecamatan Rote Barat Daya, Rote Ndao, selama dua hari.

Kegiatan tersebut digelar pada hari Minggu 26 hingga 27 Oktober 2019.

Kegiatan Reformasi Gereja (Protestan) dan Bakti Kasih Ilmiah II  tersebut, sekaligus menyambut peringatan 502 tahun reformasi gereja yang dihadiri oleh masyarakat dusun Nusa Manuk.

Ketua GMKI Cabang Ba’a, Stefanus Menoh kepada ROOLNews mengatakan, kegiatan Reformasi Gereja dilakukan dengan nonton bareng film tentang Reformasi Gereja dan Film Rohani Kristen bersama masyarakat setempat.

Selain itu, lanjut Stefanus, kegiatan Bakti Kasih Ilmiah II dilakukan dengan bentuk Penyuluhan HIV  dan AIDS serta pembagian bingkisan dari seluruh BPC GMKI Cabang Ba’a kepada masyarakat di dusun Nusa Manuk.

“Reformasi yang telah dilakukan oleh Marthen Luther telah membuat kita semua bebas dan kebebasan itulah menjadi semangat bagi kami bahwa kebebasan itu tidak hanya menjadi milik kita pribadi tapi menjadi milik kita semua, oleh karena itu melalui semangat tersebut kami ingin merayakan serta ingin juga berbagi bersama masyarakat Nusa Manuk,” Ujar Stefanus.

Ia berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat berguna bagi masyarakat Nusa Manuk.

Untuk diketahui, tiap 31 Oktober, berbagai aliran gereja Protestan, khususnya Lutheran, memperingati Reformasi. Tahun ini Reformasi Protestan berusia 502 tahun.

Pada 31 Oktober 1517, Martin Luther memaku 95 dalil berisi kritik terhadap otoritas Katolik pada pintu gereja di Wittenberg. Peristiwa itu dicatat dalam sejarah sebagai awal mula gerakan Reformasi di daratan Eropa dan seluruh dunia yang melahirkan Protestantisme. (*/rn)