Jajaran Lapas Kelas III Ba’a Ikuti Upacara HDKD ke-76 secara Virtual

Kalapas Ba'a Daniel Saekoko memberikan potongan tumpeng kepada Alexander Mooy, dalam acara peringatan HUT ke-76 Hari Dharma Karya Dhika (HDKD), di di pendopo Lapas Kelas III, Sabtu (30/10/2021). Foto: Dok.ROOLNews

ROOLNews—Jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Ba’a mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) atau Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 yang dipimpin langsung Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly secara virtual melalui zoom meeting dari Jakarta, di pendopo Lapas tersebut, Sabtu (30/10/2021).

Dalam amanatnya Menkum HAM Yasonna mengatakan, peringatan HDKD ke- 76 tahun 2021 harus menjadi momentum untuk menunjukan eksistensi Kemenkumham, khususnya di bidang pelayanan publik yang semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif).

Jajaran Kemenkumham, kata Yasonna, harus senantiasa melakukan pembenahan secara komprehensif untuk menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat.

Selanjutnya, dalam sesi dialog dengan Menkum HAM Yasonna Laoly, Kalapas Ba’a Daniel Saekoko menyampaikan laporan bahwa jumlah keseluruhan pegawai berjumlah 30 orang dan jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berjumlah 83 orang, terdiri dari 71 narapidana serta 12 orang tahanan. Di mana situasi dan kondisi Lapas Kelas III Ba’a aman dan terkendali.

Menurut Saekoko, seluruh jajaran Lapas Kelas III Ba’a siap melaksanakan tugas pengamanan dan pembinaan kepada narapidana dan tahanan, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain itu, kata Saekoko, jajaran Lapas di wilayah terselatan NKRI ini mendoakan Menteri Yasonna dan Wakil Menteri Edward Omar Sharif Hiariej, beserta seluruh Pimpinan Tinggi Kementerian Hukum dan HAM, agar selalu sehat walaafiat dalam melaksanakan tugas dan tangung jawab.

Menanggapi laporan Kalapas tersebut, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly mengucapkan terima kasih kepada Daniel dan jajarannya atas pengabdian di beranda selatan NKRI.

“Terima kasih atas pengabdian saudara-saudara menjaga kedaulatan negara di daerah terluar NKRI. Sekalipun di sana tidak ada pos lintas batas, namun saya mengharapkan semangatnya tetap terjaga untuk menjadi bagian terdepan NKRI. Besar keinginan saya untuk pergi ke Rote semoga kita bisa bertemu di sana nantinya,” kata Yasonna.

Usai mengikuti upacara secara virtual, jajaran Lapas Kelas III Ba’a menggelar perayaan sederhana berupa pemotongan tumpeng dan kue HUT ke-76 HDKD yang dipimpin Kalapas Daniel Saekoko.

Pantauan roolmedia.user.cloudsg01.com, potongan tumpeng perdana oleh Kalapas diberikan kepada Alexander Mooy mewakili pegawai laki-laki, dan potongan kue diberikan kepada perwakilan pegawai perempuan, yakni Marlyn Ndaomanu. Setelah itu dilanjutkan kepada karyawan lainnya, sekaligus ramah tamah bersama dengan tamu dan undangan yang hadir.
(team)