Resmikan Taman Kerukunan, Kakanwil NTT Ingatkan untuk terus ciptakan Kerukunan

ROOL NEWS – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTT Drs. Sarman Marselinus meresmikan Taman Kerukunan bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama Kab. Rote Ndao, Selasa, (22/09/2020).

Sebelum meresmikan Taman Kerukunan, Kakanwil Sarman menyampaikan bahwa kerukunan tercipta dari adanya perbedaan serta memberikan penghargaan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama berserta seluruh jajarannya.

“Perbedaan tercipta agar kita lebih saling mengenal dan ketika kita saling mengenal akan tercipta suasana damai dan rukun. Kita harus menyadari bahwa negeri kita nusantara sangat unik karena kerukunan yang mana mampu mengelola perbedaan baik suku, bahasa, adat istiadat dan agama. Kita rukun karena saling menghargai dan menghormati. Oleh karena itu, saya memberikan penghargaan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama berserta seluruh jajarannya yang telah memiliki inisiatif menciptakan dan mengekspresikan kerukunan melalui lukisan. Saya juga ingin mengingatkan agar kita semua khususnya seluruh ASN yang ada di Kantor Kementerian Agama Kab. Rote Ndao untuk terus dan tetap menjaga, memelihara, meningkatkan kerukunan di antara kita,” ujar Kakanwil Sarman.

Lebih lanjut dikatakan, kerukunan memiliki makna baik dan damai. Kerukunan mencerminkan hubungan timbal balik yang ditandai oleh sikap saling menerima saling mempercayai, saling menghormati, dan menghargai, serta sikap saling memaknai kebersamaan. Dalam rangka menyampaikan pesan-pesan kerukunan lewat karya seni dalam bentuk lukisan yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto ria tidak hanya oleh ASN Kantor Kementerian Agama Kab. Rote Ndao tetapi juga oleh masyarakat.

Selanjutnya Abnela Fobia selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rote Ndao menjelaskan bahwa taman kerukunan ini belum 100 % terselesaikan dan nantinya masih akan terus dibenahi dan di tata bersama.

“Taman kerukunan ini dibuat dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada seperti tembok kosong di bagian samping kantor serta keahlian melukis dari salah seorang ASN Kantor Kementerian Agama yaitu Pak Kaharudin Bambali. Taman ini belum sempurna dan masih akan terus ditata, nantinya kami akan menuliskan pesan-pesan kerukunan sehingga siapa saja yang datang untuk berfoto ria dan mengunggahnya di media sosial maka secara tidak langsung mereka telah ikut berperan dalam menyampaikan pesan-pesan kerukunan” jelas Fobia.

Untuk diketahui, sebelum meresmikan Taman Kerukunan tersebut, Kakanwil juga memberikan Pembinaan ASN dan menyerahkan Satya Lencana Karya kepada 19 orang ASN. (Humas Kemenag Ronda_Ren_Sonya_JW)