Satu-satunya di Rote Ndao, SMKN Pantai Baru Miliki Bridge Simulator Tunjang Pembelajaran Nautika Kapal

ROOL • Untuk menunjang pembelajaran di jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), para guru di SMKN Pantai Baru mendapat bimbingan dan pelatihan langsung untuk pengoperasian alat simulator kapal bantuan  dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum lama ini.

Pelatihan instruktur simulator itu dilakukan langsung oleh vendor simulator. Para guru diajari pengoperasian alat tersebut secara detail. Mulai dari menghidupkan mesinnya, hingga mengoperasikannya sesuai prosedur yang benar.

”Kebetulan kami pada akhir tahun lalu mendapat bantuan simulator dari Kemendikbud. Sekarang sudah terpasang komplit. Ini sekaligus menambah fasilitas belajar kami untuk Pelaut yang handal, dan profesional. Tidak semua sekolah punya fasilitas semacam itu,” terang Kepala SMKN Pantai Baru Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT, F.L Suyatna,S.Pd kepada media  disela-sela penutupan pelatihan, Senin 8 Oktober 2020.

Terdapat tujuh guru, lima dari SMK Pantai Baru dan dua guru dan SMK Lobalain yang mendapat pembekalan selama empat hari terhitung, Senin 5 Oktober hingga Kamis 9 Oktober 2020.

”Kami harap dengan adanya semacam pembekalan tentang alat simulator ini para guru – guru bisa mengaplikasikannya dengan baik. Dan menularkan ilmunya kepada Para Siswa sebagai calon Pelaut muda yang nantinya akan terjun di kapal-kapal Penangkap Ikan,” Katanya.

Lanjutnya, SMK Kejuruan yang ada di Kabupaten Rote Ndao, terbukti para Alumni lulusannya sudah banyak yang berkiprah di kapal – kapal luar negeri, dan di dalam negeri sudah banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar seperti PT ASDP.

Sementara itu, Ketua Jurusan NKPI SMK Negeri Pantai Baru, Wilson Patty, yang juga peserta dalam pelatihan itu mengaku sangat senang dengan kehadiran alat simulator Bantuan Dinas Pendidikan Provinsi NTT.

Pihaknya akan digunakan untuk peningkatan Sumber Daya Anak didik untuk mampu bersaing dengan dunia kerja.

Ia pun mengajak para orang tua di wilayah Rote Ndao untuk memilih SMK Negeri Pantai baru sebagai salah satu solusi menuju masa depan.

Karena SMK Negeri Pantai Baru sebagai sekolah kejuruan yang mempunyai kompetensi keahlian NKPI juga terus berinovasi dan meningkatkan teknologi di bidang pengajaran dan pelatihan peserta didik,kini SMK Negeri Pantai baru sebagai sekolah pertama yang memiliki alat simulator kapal di Kabupaten Rote Ndao.

Instruktur dari Vendor Simulator Kapal dari PT.Aman Rejeki Indonesia (ARI), Joshua Benny Isai mengatakan pihaknya memberikan pelatihan Bridge Simulator Kapal, alat-alat yang penting dalam mengoperasikan Kapal kepada guru SMK diserap dengan baik.

Meski begitu, patut diakui namanya pelatihan pasti masih ada yang kurang. Untuk itu pihaknya akan terus membantu para peserta pelatihan untuk bisa berkonsultasi, materi yang diberikan simulator navigasi pelayaran, simulator kapal tidak jauh berbeda sama dengan kapal asli.

“Semua dibuat sesuai keadaan bagaimana kapal akan sandar, termasuk meninggalkan pelabuhan terus berlayar. Dengan simulator ini, diharapkan agar siswa tentu lebih percaya diri karena mereka bisa merasakan langsung,” ungkapnya. (*/idf)