New Normal, Bandara D.C Saudale Melayani Penerbangan 4 Kali Seminggu

ROOL News Kepala Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) David Constantijn (D.C) Saudale, S Charles B Malaikosa mengatakan penerbangan untuk penumpang rute Kupang-Rote (PP) dalam situasi New Normal di jadwalkan penerbangan dua hari sekali atau empat kali seminggu.

“jadwal penerbangan sementara yaitu pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu, tidak setiap hari,” Kata Charles kepada ROOL, di ruang kerjanya, Senin (29/6/2020).

Lanjut Charles, pesawat yang tiba pada sore hari, menetap atau menginap di bandara Remain Over Night (RON), guna melanjutkan jadwal penerbangan lagi pada hari berikutnya.

Kepala Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) David Constantijn (D.C) Saudale, S Charles B Malaikosa

Bagi calon penumpang yang memasuki bandara, diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan air sabun dan mengikuti pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas di bandara.

Charles B Malaikosa mengatakan maskapai penerbangan juga menyediakan ruang isolasi atau karantina di dalam pesawat bagi penumpang yang terkena gejala corona saat on board. Caranya dengan menyediakan tiga baris kursi kosong di belakang pesawat dengan mekanisme khusus.

Menurutnya, maskapai penerbangan sudah membuat proteksi di dalam pesawat untuk mencegah penularan corona.

Charles juga mengajak para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Rote Ndao, karena saat ini wilayah Rote Ndao status zona hijau Covid-19. Untuk transportasi udara antar daerah di NTT tak perlu lagi menggunakan keterangan rapid test atau swab. (*/rn)