3 ODP di Rote Hasil Rapid Test “Reaktif” Jalani Swab

ROOLNEWS • Dari laporan Dinas Kesehatan, tiga Orang Dalam Pantauan (ODP) hasil Rapid Test Reaktif telah menjalani Swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, drg Suardi kepada roolmedia.user.cloudsg01.com, Rabu (22/4/2020) pagi, mengatakan Swab dilakukan dengan cara mengambil sampel lendir pada tenggorokan. Kemudian akan dilakukan pemeriksaan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“tiga orang ODP hasil Rapid Test Reaktif ini telah menjalani tes lanjutan, yakni Swab atau pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) guna memastikan. Hasil swab, pagi tadi sudah dikirim ke Kupang, nanti dari Kupang dikirim ke Jakarta lagi. Pemeriksaan terhadap swab yang dikirim dari NTT butuh waktu lama, Jadi kita menunggu saja hasil pemeriksaan swab-nya” kata Suardi.

Suardi pun mengimbau masyarakat Rote Ndao tidak perlu panik atau takut. 

”Selalu mengikuti imbauan pemerintah, yakni tetap berdiam di rumah, keluar rumah mengenakan masker, menjalani social distancing dan physical distancing, serta selalu mencuci tangan,” katanya. (*/rn)

Tahukah Kamu? Rapid test reaktif artinya IgG dan IgM di dalam tubuh manusia positif. Rapid test bukan untuk diagnosa pasti seseorang menderita covid-19 atau tidak, hanya untuk mengetahui antibodi IgG dan IgM di dalam tubuh manusia.

Meski hasil rapid test seseorang dinyatakan reaktif atau positif, namun tetap harus dilakukan dilakukan pemeriksaan lanjutan menggunakan PCR ataupun test Swab lendir hidung atau tenggorokan untuk memastikan orang tersebut positif atau negatif covid-19.