Musrenbang Kecamatan Lobalain Hasilkan 6 Usulan Pembangunan Prioritas

ROOL NEWS • Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Lobalain digelar Rabu (6/3/2019) dengan tema “Percepatan Pembangunan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Ekonomi dan Kualitas Infrastruktur Menuju Kemandirian Desa/Kelurahan” di Aula Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Camat Lobalain, Pauwil J. J Nggili, S.Sos, M.Si mengatakan, pelaksanaan Musrenbang Desa Kelurahan di kecamatan Lobalain telah dilaksanakan 29-31 Januari 2019 di 15 Desa dan 3 Kelurahan di Kecamatan Lobalain dan menghasilkan 70 usulan kegiatan pembangunan.

6 Usulan Pembangunan Prioritas

Lanjut Pauwil, usulan tersebut kemudian dibahas pada kegiatan Pra Musrenbang tingkat kecamatan Lobalain pada 27 Februari 2019 lalu dan menghasilkan 6 usulan pembangunan prioritas kecamatan Lobalain meliputi;

  • Peningkatan kualitas dan kuantitas pembangunan infrastruktur dan penataan ruang;
  • Peningkatan kualitas perumahan dan lingkungan hidup (Persampahan, Sanitasi, Turap/Talud/bronjong dan Air bersih);
  • Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi melalui pengembangan Pariwisata, Pertanian dan Perikanan;
  • Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia;
  • Peningkatan kualitas Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; dan
  • Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Khususnya Penanggulangan Rawan Pangan dan Pemberdayaan Masyarakat.

“pemerintah Kecamatan Lobalain juga menyampaikan dua usulan pembangunan tambahan yang perlu diprioritaskan pada tahun 2020, yaitu peningkatan kualitas infrastruktur Pustu, baik rehab maupun bangun baru. Pencegahan Stunting serta kesehatan ibu dan anak, dan juga rehab sedang embung di kelurahan Mokdale” Jelas Pauwil.

Usulan tersebut untuk mengefektifkan peningkatan kesehatan masyarakat dan peningkatan produksi pertanian dan peternakan.

Turut hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan tersebut, Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M Saek, Sekda Rote Ndao Jonas M Selly, Kepala Dinas PMD James M K Therik dan beberapa pimpinan OPD lainnya. (*/AU)