74 Pramuka SMA Negeri 1 Lobalain Ikuti Perjusami di Helebeik

ROOLNEWS.ID • Tujuh puluh empat pelajar dari SMA Negeri 1 Lobalain mengikuti Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami) yang digelar, 9-11 Desember. Puluhan siswa-siswi ini tergabung dalam Gugugsdepan (Gudep) 005 006 Ambalan, Sukarno Fatmawati SMA Negeri 1 Lobalain.

gudep-ambalan-005-006-rote-ndao“rangkaian acara akan berakhir besok (Minggu, red) di perkemahan Helebeik,” papar salah satu Pembina Gudep, Martha Teuf kepada ROOL, Sabtu (10/12) di desa Helebeik, kecamatan Lobalain.

Martha menjelaskan puluhan pramuka yang mengikuti perjusami tersebut mereka yang merupakan kelas X hingga kelas XII.

“setelah kegiatan ini, akan ada pelantikan Bantara dan Laksana. Jadi mereka dinilai dalam kegiatan perkemahan seperti ini,” imbuh Martha.

Majelis Pembimbing Gugusdepan 005 006 Ambalan, Jeremias Manafe selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lobalain menambahkan kegiatan Perjusami merupakan wadah bagi pengembangan dan pembinaan watak dan ketrampilan.

“dengan diadakannya Perjusami ini bisa menumbuhkan semangat Pramuka dan membangun kepribadian anak bangsa untuk bangkit bersama dan memiliki kesadaran akan pentingnya kebersamaan menggalang persatuan dan  kesatuan, serta sebagai sarana untuk menumbuhkan gerakan cinta tanah air,” paparnya.

Sementara itu, ketua panitia, Putri Boki mengatakan dalam perkemahan tersebut dilaksanakan sejumlah kegiatan seperti materi pengetahuan dasar dan kode etik Pramuka,  Haiking, Outdoor Games, Api Unggun dan Natal Bersama Pramuka.

Putri menjelaskan kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan memantapkan mental dan spiritual para peserta agar lebih aktif lagi di gerakan Pramuka dan mengambil sebuah perubahan pada sikap dan perilaku.

“semua acara dilaksanakan dalam bentuk bentuk kegiatan yang menyenangkan berupa games, jelajah alam dan pemberian materi dari Komunitas Anak Muda Rote Ndao. Mereka dituntut untuk lebih mencintai alam, mandiri, bekerja sama dan disiplin,” tandas Putri. (rn)