Lomba Memancing di Rote Diikuti 137 Peserta

ROOLNEWS.ID • Jumat (9/12/2016) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengadakan lomba memancing yang diikuti oleh 137 peserta.

Event Mancing tersebut dimulai sejak pagi pukul 05.00 WITA hingga sore hari.

Antusias masyarakat cukup tinggi terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar di lomba tersebut.

lomba-mancing-rote-ndaoKepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rote Ndao, Melkias R. Rumlaklak menyampaikan, salah satu kebijakan pemerintah kabupaten dalam pembangunan kebudayaan dan pariwisata adalah melalui pendekatan pembangunan berbasiskan masyarakat dari, oleh dan untuk rakyat.

Menurutnya, event yang digelar tersebut tentunya akan menarik wisatawan baik mancanegara maupun domestik sekaligus memperkenalkan wilayah Rote Ndao sebagai daerah tujuan wisata bahari

Lanjut Melkianus, tujuan pihaknya menggelar event yakni mengembangkan wisata bahari melalui Lomba Mancing sebagai salah satu produk paket wisata pada daerah destinasi unggulan serta menumbuhkembangkan kesadaran, kepedulian dan rasa cinta wisata bahari pada masyarakat Kabupaten Rote Ndao.

Peserta Lomba Mancing ini diikuti oleh 35 tim yang terdiri dari 33 tim dari Rote Ndao dan 2 Tim dari Kota Kupang dengan jumlah peserta sebanyak 137 orang. Lomba akan berlangsung dari Jumat (9/12) hingga besok sore.

Sementara itu, Bupati Rote Ndao Leonard Haning dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Melianus Mandala menyampaikan Lomba Mancing yang digelar menjadi salah satu potensi daya tarik wisata yang perlu dikemas dengan baik sehingga menjadi event yang potensial yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“ini dapat memberikan kontribusi yang yang signifikan yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”  katanya.

Bupati berharap agar perlombaan mancing yang akan dilaksanakan kiranya dapat dijadikan sebagai salah satu event tahunan dalam mendukung pariwisata Rote Ndao sebagai daerah tujuan wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Salah seorang peserta, Sahrul, tim dari Kodim 1627/Rote Ndao mengharapkan lomba mancing ini dapat terbuka untuk peserta dari berbagai daerah.

“ini bagus sekali, kedepan perlu digelar rutin, semoga kedepan daerah lain juga ikut berpartisipasi,” harapnya.

Pantauan ROOL, rata-rata peserta yang ikut adalah laki-laki dewasa, ada beberapa yang membawa keluarga untuk dan anak-anak untuk ikut memancing. (rn)