Dinas PKO Gelar Sosialisasi Penyelengaraan Pendidikan Keluarga

ROOLNEWS – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Rote Ndao menggelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga, dalam rangka menyelaraskan pendidik dan keluarga, untuk mendorong implementasi Pendidikan Keluarga di Rote Ndao.
Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Hotel Videsi, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalaian, Rabu (12/9), dan diikuti sekitar 100 orang kepala sekolah TK, SD, dan SMP, di lingkup Dinas PKO Kabupaten Rote Ndao.

Kepala Dinas PKO Kabupaten Rote Ndao Yosep Pandie yang diwakili Kepala Bidang PLS Stefanus Pah, SH kepada ROOL mengatakan, untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan keluarga dibutuhkan koordinasi yang baik antara pihak sekolah dengan wali murid.

Hal tersebut mutlak dilaksanakan, sehingga diharapkan kedua pihak dapat bekerja sama dengan baik dalam mendidik anak.

“Saya pikir penyelenggara pendidikan perlu melakukan koordinasi yang baik dengan wali murid untuk menyikapi persoalan pendidikan keluarga. Adakan pertemuan secara periodik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi dalam pendidikan anak,” tegasnya.

Menurutnya, kKeluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu serta pembentukan vitalitas dan ketenangan dalam diri seorang anak karena melalui keluarga anak-anak mendapatkan bahasa, nilai-nilai, serta kecendrungan mereka.

“Keluarga itu punya tanggung jawab mendidik anak dengan benar dan jauh dari penyimpangan. Keluarga juga punya tugas menyelamatkan proses pendidikan anak. Akan tidak maksimal jika segala proses pendidikan itu diserahkan seluruhnya kepada pihak sekolah saja,” kata Stef.

Kepala Sub Direktorat Pendidikan Anak dan Remaja Nanik Suwaryani dalam pemaparan materinya mengatakan, penting untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dan pihak sekolah dalam pendidikan anak, sehingga para guru tidak merasa sendiri.

“Contoh keterlibatan orang tua, yakni selalu menghadiri rapat orang tua murid di sekolah, serta mengikuti perkembangan anak,” kata Nanik. (*dina)