KSU Talena Lain Gelar RAT ke V Tahun Buku 2017

ROOLNEWS.ID • Koperasi Serba Usaha (KSU) Talena Lain cabang Rote Ndao yang beralamat di Jalan Ba’a-Nemberala, Oebafok menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017.

Pantauan ROOL, Sabtu (7/4/2018), para anggota sangat antusias mengikuti RAT yang dipusatkan di kantor KSU Telena Lain. Walaupun molor dari agenda pukul 09.00 wita dan acara baru dimulai pukul 10.45 Wita, tetapi anggota tetap bertahan.

Acara ini diawali dengan ibadah bersama dilanjut dengan laporan ketua KSU Telena Lain, Erasmus W Mooy, juga sambutan dari Bupati Rote Ndao yang di wakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Melyanus Mandala.

Mandala dalam sambutannya mengatakan bahwa KSU Telana Lain merupakan koperasi ke 12 yang melaksanakan RAT dari 179 koperasi yang ada di Rote Ndao.

“hal ini merupakan penghargaan yang sangat bermakna bagi KSU Talena Lain untuk memacu para anggota dalam menyimpan maupun pinjam agar koperasi terus berkembang,” Ujarnya.

Lanjutnya, Pemerintah juga memberikan apresiasi kepada KSU Telana Lain, mudah-mudahan prestasi yang dicapai KSU Talena Lain tetap dipertahankan di masa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTT, Ny Bunga Anne Marlyn mewakili Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi NTT berharap pengurus KSU Talena Lain dapat merencanakan program-program penguatan keanggotaan, yakni bagaimana dapat meningkatkan anggota menjadi anggota yang loyal, karena tanpa partisipasi anggota itu bukan koperasi.

Bunga Anne Marlyn juga memberikan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) kepada KSU Talena Lain sebagai koperasi yang aktif saja secara kelembagaan maupun usahanya.

“kami menyerahkan sertifikat Nomor Induk Koperasi, ini diberikan oleh pemerintah dalam hal ini oleh Menteri Koperasi, dengan sertifikat Nomor Induk Koperasi untuk menandai bahwa koperasi ini eksis,” Katanya.

Lanjut Bunga, apabila KSU Talena Lain tidak menggelar RAT tiga tahun berturut-turut maka sertifikat ini akan dicabut dan KSU Talena Lain akan masuk dalam kelompok koperasi yang tidak aktif dan siap untuk dibubarkan.

“Jadi perlu dipertahankan, yaitu menggelar RAT, kegiatan organisasi, usaha dan kelembagaan harus berjalan. Kami berharap KSU Talena lain dapat mempertahankan kelembagaan maupun usahanya, semakin besar dan berjaya, baik di kota Kupang maupun di Rote Ndao,” Harap Bunga.

Bunga Anne Marlyn mengatakan, koperasi yang menggelar RAT sudah masuk pada kategori yang sehat, atau koperasi yang cukup berkualitas. KSU Talena Lain merupakan salah satu koperasi di tingkat provinsi yang sudah menyelenggarakan RAT.

“dari 360 koperasi yang kemungkinan besar menggelar RAT hanya 115, dan KSU Talena Lain termasuk dalam 50 besar yang sudah menggelar RAT,” tambah Bunga. (*/r01/ibn)