KNPI Rote Ndao Gelar Talkshow Wawasan Kebangsaan Pemuda

ROOL, BA’A – Pemuda mempunyai posisi strategis untuk menguatkan wawasan kebangsaan yang baik. Nilai-nilai kebangsaan yang mesti di junjung tinggi di negara ini justru digerus banyak faham, utamanya faham dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, oleh karena itu wawasan kebangsaan sangat penting, agar pemuda dapat membantengi diri dari berbagai hal yang dapat menciderai keutuhan NKRI.

Demikian dikatakan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Rote Ndao Denison Mooy pada acara talk show wawasan kebangsaan pemuda terselatan Indonesia, Kamis (30/3) di aula Hotel Videsy, Ba’a.

Menurut Denison, pemuda masa kini banyak tantangan. Mulai dari Narkoba hingga pada paham-paham radikalisme yang dapat menjaga keutuhan NKRI.

“itulah sebabnya wawasan kebangsaan ini sangat penting, agar pemuda dapat membantengi diri dari berbagai hal yang dapat menciderai keutuhan NKRI,” katanya.

Sementara itu, Staf ahli pemerintahan hukum dan politik, Hanokh Ndoen, dalam sambutannya mewakili Bupati Rote Ndao, mengatakan wawasan kebangsaan berbicara tentang persatuan, kesatuan, rasa cinta, toleransi dan kemajemukan kita, oleh karena dalam menata kepemudaan diperlukan penguatan-penguatan wawasan kebangsaan.

“pemuda harus paham betul Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan begitu, semangat dan cinta tanah air pemuda pun akan semakin kuat,” cetusnya.

Lanjutnya, untuk menjaga eksistensi dan persatuan bangsa, mutlak dibutuhkan adanya kesamaan persepsi dan wawasan kebangsaan bagi para generasi muda.

Untuk diketahui, narasumber dalam dalam talk show tersebut berasal dari perwakilan DPRD Rote Ndao, Kodim 1627/Rote Ndao dan Polres Rote Ndao.

Para peserta berasal dari unsur pemuda, mahasiswa, DPD KNPI Rote Ndao, GMKI Cabang Ba’a dan Yayasan Bathara Insan Negeri. (r-01)