Cara Unik Polisi Rote Ndao Pensiun, Pulang Diantar Mol Padi

ROOLNEWS • Kepolisian Resor (Polres) Rote Ndao memiliki cara unik melepas tugaskan polisi yang telah pensiun. Polisi yang telah pensiun diantar pulang dengan kendaraan Mol Padi (Mesin Penggiling Padi Keliling) yang telah didandan cantik usai mengikuti upacara pelepasan di markas polisi. Tak hanya itu, untuk kali pertama dalam prosesi pelepasan anggota polisi yang pensiun di Polres Rote Ndao dilakukan dengan tradisi Pedang Pora.

Kegiatan unik ini dilakukan jajaran Polres Rote Ndao dalam upacara pelepasan atau yang dikenal dengan Upacara Wisuda Purnawirawan/Purnabakti pada Senin (17/7) pagi, bertempat di depan ruang lobi utama Polres Rote Ndao.

Upacara Wisuda Purnawira/Purnabakti dan Tradisi Pedang Pora kepada Purnawirawan Polri Polres Rote Ndao yang memasuki masa Purnabakti yakni Purnawirawan AIPTU Zacharias Ronald Killa, jabatan terakhir Bintara Polres Rote Ndao.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Murry Mirranda, S.Ik dan dihadiri oleh Wakapolres Rote Ndao Kompol Johanis Christian Tanauw, para Kabag, Kasat, Ka Subbag, Kasie, Kapolsek Jajaran, Perwira, Bintara dan Ketua serta pengurus Bhayangkari Cabang Polres Rote Ndao.

Hadir dalam kegiatan dimaksud Bupati Rote Ndao Drs Leonard Haning, MM., Dandim 1627 Rote Ndao Letkol Arhanud Budiono, Pasi Ops Lanal Pulau Rote Kapten Laut (P) Casito, SE, para PJU Polres Rote Ndao, Para Pimpinan OPD Pemda Kabupaten Rote Ndao, Ibu Ketua dan Pengurus Bhayangkari Cabang Polres Rote Ndao serta seluruh anggota Polres Rote Ndao.

Pantauan ROOL, saat penghormatan terakhir melalui Tradisi Pedang Pora, seluruh personel polisi diminta berjajar di tepi halaman Mapolres hingga mengular keluar jalan raya. Selanjutnya polisi yang pensiun diarak melewati Upacara Pedang Pora dan bersalaman perpisahan kepada seluruh polisi yang berbaris mengular menuju tepi jalan raya.

Setibanya di gerbang keluar Mapolres persis di tepi jalan raya telah menunggu kendaraan Mol Padi yang didandani dengan cantik dengan aneka rupa hiasan.

Polisi yang pensiun dan seorang keluarga pendamping pun menaiki kendaraan Mol Padi dan diantar pulang.

Kapolres Rote Ndao, AKBP Murry Mirranda, S.IK dalam sambutannya mmenyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada Purnawirawan AIPTU Zacharias Ronald Killa atas pengabdian serta dedikasinya selama bertugas sebagai  anggota Polri.

Menurut Kapolres, dengan dilaksanakan Upacara  ini, menandakan bahwa AIPTU Zachrias Ronald Killa tidak lagi sebagai seorang anggota Polri dan sudah kembali kepada masyarakat serta memulai kehidupan baru di luar organisasi Polri.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyampaikan kepada seluruh anggota Polres Rote Ndao yang masih aktif, agar dapat meneladani apa yang telah dilakukan Purnawirawan AIPTU Zacharias Ronald Killa selama bertugas sebagai anggota Polres Rote Ndao.

Dirinya mengharapkan agar kiranya kedepan Purnawirawan AIPTU Zacharias Ronald Killa dapat menjadi mitra polri yang berada di tengah-tengah masyarakat, serta tetap memberikan sumbangsih pemikirannya terhadap pelaksanaan tugas-tugas kepolisian. (*/tim/r02)