SIAP SIAGA Dukung Peningkatan Kapasitas Tim Penerapan SPM di Rote Ndao

Rote Ndao, ROOLNEWS.ID – SIAP SIAGA, program kerjasama pemerintah Indonesia-Australia yang fokus pada pengurangan risiko bencana, menunjukkan komitmennya dalam mendukung pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sub Urusan Bencana di tingkat daerah.

Kali ini, SIAP SIAGA bekerja sama dengan BPBD Provinsi NTT dan BPBD Kabupaten Rote Ndao untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Peningkatan Kapasitas Tim Penerapan SPM dan OPD Pengampu di Kabupaten Rote Ndao pada 19-20 Maret 2024 di Kota Ba’a.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rekomendasi monitoring dan evaluasi pencapaian SPM SUB pada triwulan III Tahun 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao, Drs. Jonas M.Selly, MM, dalam sambutannya, menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan amanat dari PP Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal.

“Pemerintah telah menetapkan 6 (enam) SPM untuk Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai PERMENDAGRI 59 Tahun 2021,” jelas Sekda Selly.

Khusus untuk BPBD Kabupaten Rote Ndao memiliki kewenangan melaksanakan 3 (tiga) jenis pelayanan dasar yaitu: Pelayanan Informasi Rawan Bencana, Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, serta Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana.

Sekda Selly berharap BIMTEK ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan SPM Sub Urusan Bencana di Kabupaten Rote Ndao.

Sementara itu, Selvister Ndaparoka dari SIAP SIAGA, selaku panitia penyelenggara, menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas tim penerapan SPM dan OPD Pengampu di Kabupaten Rote Ndao.

“dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat terkait penanggulangan bencana di Kabupaten Rote Ndao dapat semakin optimal,” kata Ndaparoka.

Adapun narasumber BIMTEK berasal dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah dan Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT/Tim Penerapan SPM NTT. Peserta berasal dari BPBD Kab. Rote Ndao, BAPPEDA Rote Ndao, Bagian Tata Pemerintahan Rote Ndao, dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Rote Ndao. (*/JN_BPBDrn)