BNNK Rote Ndao Gelar Edukasi Anti Narkoba di Pulau Ndao

roolnews.id – Dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Rote Ndao menggelar edukasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda di Pulau Ndao.

Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu, 1 November 2023, sekitar pukul 15.30 WITA bertempat di Gereja GMIT Imanuel Lendeiki, Pulau Ndao.

Edukasi ini dihadiri oleh Penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNNK Rote Ndao, Mona E. Siagian, S.KM, bersama tim.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Klasis Rote Barat, Pdt. Ira Rajapono, S.Th, yang mengapresiasi kehadiran BNNK Rote Ndao dalam memberikan pencerahan tentang bahaya narkoba.

Dalam pemaparannya, Mona E. Siagian mengenalkan program “Bersinar” (Bersih Narkoba) dan menekankan pentingnya edukasi P4GN (Pencegahan, Pengenalan, Pemberdayaan, dan Penanganan Gangguan) kepada seluruh pemuda Rote Barat dan masyarakat di Ndao.

Ia menjelaskan betapa daruratnya situasi penyalahgunaan narkoba di Indonesia, dimulai dari coba-coba berbagai jenis narkoba yang berujung pada ketergantungan.

Ditambahkan, bahwa sindikat narkoba seringkali menjadikan pemuda sebagai target, sehingga edukasi menjadi penting untuk melindungi generasi muda.

Pihaknya berharap adanya peran aktif semua komponen bangsa dalam memberantas peredaran gelap narkoba dan melakukan rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta terlihat antusias, terutama pada sesi tanya jawab.

Acara diakhiri dengan pemutaran video anti narkoba dan penyerahan materi edukasi berupa stiker “War on Drugs” dan poster jenis-jenis narkoba kepada panitia, untuk dijadikan sebagai bahan edukasi di Pulau Ndao. (*/mbp)