Ipda Charles, Kapolsek yang Menginspirasi dengan Mengajar Anak-anak Sekolah Minggu

roolmedia.user.cloudsg01.com • Hari Minggu, yang biasanya digunakan untuk berkumpul bersama keluarga, kali ini dimanfaatkan oleh Ipda Charles, Kapolsek Rote Tengah, untuk kegiatan yang penuh arti. Ia menghabiskan waktunya untuk mengajar anak-anak di Sekolah Minggu, Gereja GMIT Jemaat Imanuel Olalain, Desa Persiapan Daifadin, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao, pada Minggu, 24 September 2023.

Dikenal akrab dengan panggilan Komandan PROTECT TERMANU, Ipda Charles menunjukkan semangat yang tinggi. Uniknya, bukan pistol atau peralatan kepolisian lainnya, melainkan Alkitab dan buku bacaan yang dibawa olehnya dan anggota polisi lainnya untuk kegiatan mengajar ini. Mereka tampil dalam seragam kepolisian lengkap, dengan tambahan membawa Alkitab.

Ini merupakan bagian dari implementasi Program Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang bertajuk Polri Peduli Budaya Literasi, yang juga dikolaborasikan dengan Program Minggu Kasih yang dirintis Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono.

“Saya sangat bersemangat, apalagi saat disambut hangat oleh anak-anak,” ungkap Ipda Charles kepada media.

Pada acara bertajuk Distribusi Buku Sampai Pelosok Negeri, Polsek Rote Tengah, atau yang dikenal sebagai PROTECT TERMANU, menyerahkan 15 buah Alkitab serta 15 buku paket pelajaran SD bagi murid Sekolah Minggu di gereja tersebut.

Ipda Charles menyampaikan keprihatinannya terhadap pergaulan anak muda zaman sekarang, dan merasa terpanggil untuk mencegah hal negatif yang dapat masuk ke dalam kehidupan anak-anak.

Kegiatan mengajar ini diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi anak-anak dari pengaruh buruk.

Dirinya mengaku menggunakan metode mengajar yang berbeda untuk menarik perhatian anak-anak, sekaligus memberikan pemahaman kepada mereka bahwa polisi ada untuk semua kalangan. Ia juga memperkenalkan buku-buku bacaan dan mengedukasi anak-anak agar termotivasi untuk meningkatkan budaya membaca mereka.

Sebagai informasi, jajaran Polsek Rote Tengah memiliki tagline PROTECT TERMANU, yang berarti PROakTif, EduCaTif, TERpercaya, MengAyomi, Netralitas, hUmanis. Kegiatan ini menunjukkan bahwa Polsek Rote Tengah tidak hanya berfungsi sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai institusi yang peduli pada pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. (*)