Dua Kecamatan di Rote Ndao Bakal Miliki SPBU Baru

roolmedia.user.cloudsg01.com Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, merencanakan pembangunan dua unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kecamatan Rote Selatan dan Kecamatan Rote Barat. Demikian disampaikan dalam rapat kerja program BBM Satu Harga yang diadakan bersama Direktorat Pembinaan Usaha-Usaha Hilir Migas Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 12 September 2023.

Rapat, yang diadakan secara virtual, dihadiri oleh Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M Saek, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek, serta Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Johni Manafe.

Menurut Wakil Bupati Stef, Kecamatan Rote Selatan dan Kecamatan Rote Barat mempunyai jumlah konsumsi BBM yang cukup tinggi. Dominasi penggunaan BBM di kedua wilayah tersebut, sebagian besar dipergunakan untuk kebutuhan pertanian, perikanan, dan transportasi.

“Dengan pembangunan SPBU di Kecamatan Rote Barat, akan melayani suplai BBM di wilayah sekitar termasuk ke Kecamatan Ndao Nuse,” ujar Wabup Stef.

Pendistribusian BBM akan semakin efisien dengan pembangunan SPBU ini. Saat ini, kebutuhan BBM di Kecamatan Ndao Nuse masih bersumber dari SPBU Busalangga. “Kami berharap pembangunannya bisa segera difinishing sehingga semakin mendekatkan pelayanan mensuplai BBM ke wilayah sekitar,” tambahnya.

Sementara itu, SPBU di Kecamatan Rote Selatan akan melayani kebutuhan BBM di 7 desa di Kecamatan tersebut serta 12 desa di kecamatan terdekat.

“Selain itu, SPBU ini juga bisa diakses oleh wilayah-wilayah sekitar, seperti Kecamatan Lobalain, desa terdekat di Kecamatan Rote Tengah, dan Kecamatan Pantai Baru,” tutur Wabup Stef.

Diharapkan dengan adanya pembangunan dua SPBU baru ini, akses masyarakat ke BBM akan semakin mudah dan efisien, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (*/mbp)