Lanal Pulau Rote Peringati Hari Armada

ROOLNEWS.ID • Lanal Pulau Rote pada Senin (5/12) memperingati Hari Armada dengan menggelar upacara peringatan bertempat di Markas Komando Pangkalan TNI- AL di Desa Dolasi, Kecamatan Rote Barat Daya.

Hadir dalam upacara, Komandan Lanal Pulau Rote, Letkol Laut Tonny Sumarno, Sekda Rote Ndao, Jonas M Selly, Jajaran kepala SKPD, Danramil 01 Baa, Mayor Infantri Arianto, Danramil 03 Batutua, Kapten Charles Nabuasa, Camat Rote Barat Daya, Yusup B Mesakh, serta jajaran Forkopimda lainnya. Hadir pula perwakilan pasukan dari Kodim 1627 Rote Ndao, Pol Air Polres Rote Ndao dan Sat  Pol.PP.Kab.Rote Ndao.

lanal-pulau-roteUpacara peringatan diawali dengan persiapan pasukan dan pembacaan sejarah singkat Armada Republik Indonesia. Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Komandan  Lanal Pulau Rote, Letkol Laut Tonny Sumarno.

Dalam amanat KSAL TNI, Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.A.P. yang dibacakan oleh Letkol Laut Tonny Sumarno mengatakan upacara hari ini bukan sekedar momen seremonial tetapi momen yang mengingatkan kita tentang  sejarah berdirinya Armada RI dan pengabdian yang telah ditunaikan.

Berdasarkan sejarah, Armada RI adalah alat bagi sebuah negara dalam menyebarkan pengaruh dan melindungi kepentingan nasionalnya. Sampai saat ini, Armada RI tetap menjadi sarana utama pencapaian tugas dan peran universal TNI AL.

Ia mengatakan, saat ini armada RI dituntut untuk mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan tugas yang semakin kompleks dan dinamis. Sejalan dengan visi poros maritim dunia, Armada RI harus mampu hadir untuk melindungi lingkungan dan sumber daya laut, menjaga keamanan, menjamin keselamatan dan mempertahankan kedaulatan negara di laut.

KSAL TNI AL, juga meminta para personel TNI AL untuk meningkatkan profesionalisme dan naluri tempur melalui latihan dan operasi demi tercapainya kesiapan operasional satuan, ciptakan inovasi dalam satuan kerja serta menjaga soliditas TNI, Polri dan masyarakat terutama pada situasi rawan seperti Pilkada yang rentan provokasi dan konflik horizontal.


(mv/JP)