Siap Layani Rote Ndao Pabrik Air Minum “aiRote” Diresmikan

roolnews.ID, KOLOBOLON • PT Telaga Akuaku Indah resmi me-launching operasional pabrik air mineral aiRote yang berpusat di wilayah RT 003/RW 002, Dusun Tuabuna I, Desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain, Rote Ndao, Kamis (10/11/2016). Disuplai dari mata air alami pegunungan dan dari sumur bor serta dari sungai bawah tanah yang berada di sekitar lokasi pabrik, dengan kapasitas produksi mencapai 100 galon per Jam, produksi aiRote dipastikan siap melayani kebutuhan air minum untuk wilayah Rote Ndao.

airoteDirektur PT Telaga Akuaku Indah, Jonson Jolando mengatakan, air minum dalam kemasan aiRote diproduksi dengan mesin dan peralatan yang canggih dengan sistem otomatis setara dengan peralatan produksi dari salah satu produk air minum terkenal Aqua. Menurutnya, hal ini dikarenakan, air minum yang diproduksi tersebut  menggunakan pengolahan water treatment melalui tahapan resesis osmosis dan tahapan ozonisasi yang menjamin mutu dan standart air dalam kemasan.

“sebagai sumber air, pabriknya mengandalkan pasokan air dari mata air pegunungan, dari sumur bor serta mengandalkan dari sungai bawah tanah yang berada di sekitar lokasi pabrik” katanya.

airote-kolobolonDemi menjamin mutu, pihaknya berpegang teguh pada prinsip kebijakan mutu dengan memproduksi air minum dalam kemasan sesuai persyaratan Standart Nasional Indonesia (SNI) 01 – 3553 – 2006. Untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, pihaknya memiliki visi “Menjadi Perusahan Air Minum dalam Kemasan yang Mampu Bersaing di Bidangnya”.

Barisan visi ini lanjutnya, kemudian dituangkan dalam 6 misi yakni, menjaga mutu produk, memberikan pelayanan yang baik untuk kepuasan pelanggan, melaksanakan perbaikan secara berkesinambungan, memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja personel perusahaan, serta menjalin kerjasama yang baik dengan pelanggan dan mitra bisnis.

Jonson menjelaskan, pabrik yang berdiri di atas lahan seluas  3.000 meter persegi tersebut, mempekerjakan 30 karyawan untuk bagian produksi dan 10 tenaga  pemasaran. Semua tenaga kerja tersebut merupakan asli dari Desa Kolobolon dan warga Rote Ndao umumnya. Ia menyampaikan, untuk kapasitas produksi, yakni dari mesin kemas Cup (gelas) berkapasitas 7.000 Cup per jam untuk ukuran 220 dan 240 mili. Mesin kemas botol dengan 6 lubang pengisian untuk botol 330 mili dengan kapasitas 3.000 botol per jam. Untuk botol 600 mili dengan kapasitas 2.000 botol per jam.Untuk botol 1.500 mili dengan kapasitas 1.000 botol per jam. Selain itu, ada mesin untuk galon dengan 4 lubang pengisian  dengan kapasitas pengisian 100 galon per jam.

air-mineral-rote“saat ini kami berfokus untuk memenuhi kebutuhan pasokan air minum dalam berbagai kemasan baik gelas, botol kecil, sedang, botol besar maupun kemasan galon bagi kebutuhan di kabupaten Rote Ndao. Jika telah berkembang maju, barulah bisa dikirim atau dipasarkan di kabupaten lainnya di NTT,” jelasnya.

Kepala Desa Kolobolon, Watson S. Mbuik kepada sejumlah media menyampaikan, dirinya senang dengan kehadiran pabrik air minum dalam kemasan di desanya. Baginya, pabrik ini tidak hanya berdampak secara ekonomi dan memberikan kontribusi pendapatan daerah tetapi juga meangkat nama Desa Kolobolon untuk lebih dikenal. Dirinya mengapreasi kebijakan perusahan yang mempekerjakan putra-putri asli Kolobolon dan Rote Ndao umumnya untuk bekerja di pabrik air minum tersebut.

Sementara, Bupati Rote Ndao Leonard Haning mengapresiasi atas kehadiran pabrik air minum dalam kemasan pertama di Rote Ndao tersebut. Baginya, kehadiran dan beroperasinya pabrik ini tentu akan memberi stimulus bagi  tumbuh dan berkembanganya industri baru.


(rn01/mv)

Save