Bupati PHB Launching Pojok Baca Digital di Terminal Penumpang Pelabuhan Ba’a

Foto bersama usai Launching Pojok Baca Digital Pocadi di ruang tunggu Terminal Penumpang Pelabuhan Ba'a. Foto: Dok.ROOLNews

ROOLNews • Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu (PHB) didampingi Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Ba’a Harry Husin menggunting pita sebagai tanda launching Pojok Baca Digital (Pocadi) di ruang tunggu Terminal Penumpang Pelabuhan Ba’a, Jumat (13/01/2023).

Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M Saek, Sekda Jonas M Selly bersama para Asisten, perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Rote Ndao Morids DE Bulan, dan sejumlah pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemkab Rote Ndao.

Bupati PHB dalam sambutannya menjelaskan bahwa Pocadi merupakan inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Rote Ndao dalam rangka mewujudkan pelayanan publik bidang perpustakaan.

“Kehadiran Pocari bertujuan meningkatkan literasi, sehingga harapan kami semua ASN harus menjadi pelopor dan promotor pemanfaatan sarana ini agar dapat menumbuhkan minat baca bagi masyarakat, terutama kalangan anak dan remaja kita,” jelas Bupati PHB.

Atas nama Pemkab Rote Ndao, lanjut Bupati PHB, kami mengucapkan terima kasih kepada Kadis Perpustakaan dan Kearsipan beserta jajaran yang mempersiapkan Pocadi ini.

Terima kasih yang sama pula kami sampaikan kepada Kepala Kantor UPP Kelas III Ba’a yang telah mendukung dengan memberi ruang untuk diisi fasilitas Pocadi ini.

Dikatakan Bupati PHB, sesuai informasi yang diperoleh dari Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Pocadi di ruang tunggu Terminal Penumpang Pelabuhan Ba’a ini menyediakan ribuan koleksi buku cetak dan buku digital, yang tersimpan dan terkoneksi dengan Ipus Nasional dan lokal server Ipus Rote Ndao yang telah diresmikan pada Peringatan HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu.

“Artinya di Pocadi ini telah tersedia ribuan koleksi bahan bacaan baik digital maupun cetak yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Mari kita manfaatkan sarana ini dengan baik dalam rangka meningkatkan literasi,” ujar Bupati PHB.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu (PHB) didampingi Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Ba’a Harry Husin menggunting pita sebagai tanda launching Pojok Baca Digital (Pocadi) di ruang tunggu Terminal Penumpang Pelabuhan Ba’a. Foto: Dok.ROOLNews

Terpisah, Kepala Kantor UPP Kelas III Ba’a Harry Husin berterima kasih kepada Pemkab Rote Ndao atas kerja sama yang terkajalin.

Menurutnya, fasilitas Pocadi ini biasanya hanya ada di jajaran Dirjen Perhubungan Udara (Bandar Udara) dan untuk Dirjen Perhubungan Laut hanya ada pada Pelabuhan Kelas I. Akan tetapi saat ini di Rote Ndao juga sudah ada berkat kerja sama Pemkab dan UPP Kelas III Ba’a.

Menurutnya, pihak UPP Kelas III Ba’a menyediakan fasilitas ruangan (gedung), sementara Pemkab Rote Ndao melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyiapkan seluruh fasilitas di Pocadi, Sehingga para calon penumpang bisa menikmati fasiltas yang ada.

“Kami mengajak masyarakat pengguna jasa transportasi laut Kapal Cepat Express Bahari untuk menggunakan fasilitas Pocadi yang di Terminal Penumpang Pelabuhan Ba’a ini,” imbuh anak mantan Kepal UPP Ba’a terdahulu Usman Husin ini.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stefanus M Saek melakukan uji coba akses membaca buku digital pada fasilitas Pocadi di ruang tunggu Terminal Penumpang Pelabuhan Ba’a. Foto: Dok.ROOLNews

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengolahan, Layanan, Pelestarian Bahan Perpustakaan dan Kearsipan Ismail Idris dalam laporannya menyebutkan, fasilitas yang tersedia di Pocadi UPP Kelas III Ba’a ini, di antaranya buku cetak 350 judul dan 700 eksemplar.

Sementara buku digital yang bisa diakses dari Pocadi Perpustaakan Nasional 4.161 koleksi, 3.820 judul, dan 20.805 salinan. Sementara dari IPus Rote Ndao terdapat 1.200 judul dan 69.401 eksemplar.

Selain itu, di Pocadi UPP Kelas III Ba’a juga terdapat empat unit PC, meja dan kursi 4 set, 2 unit rak buku, pesawat televisi 42 inchi, dan 1 unit server yang dapat digunakan untuk layanan informasi publik seperti pariwisata dan lain-lain. (team)