Bupati dan Wakil Bupati Ikuti Vicon Penyerahan DIPA dan TKDD 2022

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stefanus M Saek mengikuti Vicon penyerahkan DIPA dan TKDD Tahun Anggaran 2022 oleh Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, di ruang Vicon lantai 2 kantor Bupati Rote Ndao, Senin (29/11/2021). Foto: Dok.ROOLNews

ROOLNews—Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stefanus M Saek mengikuti video conference (Vicon) penyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran (TA) 2022 dari Istana Negara, Jakarta, Senin (29/11/2021).

Pantauan media ini, Bupati Paulina dan Wakil Bupati Stefanus secara serius mengikuti jalannya prosesi penyerahan DIPA dan TKDD dari ruang Vicon lantai 2 kantor Bupati Rote Ndao, yang dilakukan secara virtual dan simbolis kepada beberapa Pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L).

Dalam sambutannya, Presiden mengingatkan untuk tetap menjaga kewaspadaan karena pandemi belum berakhir pada tahun 2022. Pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman dunia dan juga ancaman Indonesia sehingga dibutuhkan antisipasi dan mitigasi sedini mungkin agar tidak mengganggu kesinambungan program reformasi struktural serta program pemulihan ekonomi nasional yang sedang dilaksanakan.

Guna menghadapi hal tersebut, Presiden menyampaikan APBN 2022 dirancang responsif, antisipatif, fleksibel, selalu berinovasi, dan mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi dengan tetap menjaga tata kelola yang baik. Selain itu, APBN akan mendorong kebangkitan ekonomi nasional dan mendukung reformasi struktural.

Lebih lanjut Presiden menyatakan, APBN 2022 juga menunjukkan kemampuan Indonesia dalam menghadapi perubahan iklim terutama pengurangan emisi dan gerakan perbaikan lingkungan secara berkelanjutan dengan aksi nyata komitmen pada green dan sustainable ekonomi.

Enam Kebijakan Utama

Presiden Jokowi mengatakan, upaya yang dialkukan adalah fokus pada enam kebijakan utama, yakni 1) melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap mempertahankan sektor kesehatan, 2) menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu dan rentan, 3) peningkatan SDM unggul, 4) melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi, 5) penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah, serta 6) melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero based budgeting agar belanja lebih efisien.

Bupati Paulina usai Vicon mengatakan, Pemkab Rote Ndao akan berpedoman pada Enam Kebijakan Utama yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo dalam arahan penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi TKDD.

Menurutnya, seuai amanat Presiden Jokowi DIPA dan TKDD merupakan wujud transparansi serta memberikan legitimasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk melaksanakan dan mendukung berbagai kebijakan prioritas dalam APBN 2022 untuk mencapai Indonesia Maju 2045. (*/team)