PN Rote Ndao Sosialisasi Pelayanan bagi Mitra dan Pengguna Layanan

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Rote Ndao Beauty DE Simatauw memperkenalkan jenis-jenis layanan kepada mitra penegak hukum dan para pengguna layanan dalam Coffee Morning yang digelar di halaman tengah kantor pengadilan setempat, Rabu (13/10/2021). Foto: Dok.ROOLNews

ROOLNews—Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Rote Ndao menggelar sosialisasi pelayanan, sekaligus penyampaian pengelolaan keuangan Tahun Anggaran 2020 bagi mitra penegak hukum dan para pengguna layanan.

Kegiatan tersebut dikemas dalam acara Coffee Morning yang dilaksanakan di halaman tengah kantor pengadilan setempat, Rabu (13/10/2021).

Pantauan roolmedia.user.cloudsg01.com, tampak hadir Ketua PN Kelas II Rote Ndao Beauty DE Simatauw, Kapolres Rote Ndao AKBP Felli Hermanto, Kajari Rote Ndao I Wayan Wiradarma, Kalapas Kelas III Ba’a Daniel Saekoko, Kepala Bank NTT Kantor Cabang (KC) Rote Ndao Sender Dewa Lele, Perwakilan LBH Surya NTT Adimusa Busimon Zacharias, dan para hakim PN Rote Ndao masing-masing Aditya Nurcahyadi Putra, Marlene F Magdalena, Dimas Indra Swadana, Fikrinur Setyansyah, Mohammad Rizal Al Rasyid, Soleman D Tamaela, Panitera Yansye Margaritha Adoe, sejumlah wartawan dan undangan lainnya.

Ketua PN Kelas II Rote Ndao Beauty DE Simatauw dalam kegiatan tersebut menjelaskan, acara Coffee Morning bertujuan memperkenalkan sekaligus mensosialisasikan layanan-layanan yang tersedia di Pengadilan Negeri Kelas II Rote Ndao.

Ia menjelaskan, terkait layanan di PN Rote Ndao dalam rangka Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), selain penerapan disiplin jam kerja dan Layanan Terpadu Satu Pintu setiap hari kerja (Senin s/d Jumat), juga ada sejumlah inovasi dalam memudahkan masyarakat mendapat pelayanan, di antaranya:

1. Aplikasi SiMaTau melalui nomor hand phone 081324245601. Merupakan aplikasi chat boot/mesin penjawab otomatis yang mengakomodir pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat pencari keadilan, terkait layanan standar dan informasi Peradilan pada Pengadilan Negeri Rote Ndao melaui Aplikasi Whatsapp, Telegram dan Media Sosial Instagram. Meliputi layanan informasi perdata, pidana, informasi pengaduan yang terhubung dengan Siwas-Mari, informasi tanya jawab lainya, informasi denda tilang.

“Hanya dengan gawai digenggaman Pengadilan Negeri Rote Ndao Siap Menjawab Pertanyaan Masyarakat Pencari Keadilan,” katanya.

2. Call Center Pelayanan melalui nomor 082236308085. Masyarakat dapat mengajukan pertanyaan terkait pelayanan pengadilan melalui call center Pelayanan, yang melayani sesuai jam layanan.

3. Poliklinik Pengadilan Negeri Rote Ndao yang merupakan kerja sama dengan Pemkab Rote Ndao, mempersembahkan pelayanan kesehatan gratis, dengan pelayanan dari dokter umum, bagi segenap pengunjung Pengadilan Negeri Rote Ndao dan seluruh pegawai serta Hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri Rote Ndao.

4. Pos Bantuan Hukum bagi masyarakat tidak mampu untuk memperoleh informasi bantuan hukum dan konsultasi huku melalui Pos Bantuan Hukum di Pengadilan Negeri Rote Ndao.
Jenis Layanan Posbakum di antaranya pemberian informasi, konsultasi atau advis hukum, bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan, penyediaan informasi daftar Organisasi Bantuan Hukum sebagaimana dimaksud dalam UU No 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum atau organisasi bantuan hukum atau advokat lainnya yang dapat memberikan bantuan hukum cuma-cuma.

5. Fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas, seperti penyediaan brosur Informasi Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas dengan menggunakan huruf Braile, Layanan Informasi Audio, Kursi Roda, Toilet khusus bagi penyandang disabilitas, serta pendamping khusus bagi Saksi penyandang disabilitas.

6. Website Pengadilan Negeri Rote Ndao (https://pn-rotendao.go.id/), di mana masyarakat dapat mengakses informasi pelayanan pengadilan website pengadilan negeri Rote Ndao, diantaranya: Informasi Denda Tilang, Jadwal Sidang, Prosedur Pengajuan Perkara, Biaya Perkara Perdata.

7. E-courtElektronik Tuntutan yang merupakan aplikasi berbasis web yang berfungsi bagi Jaksa Penuntut Umum dalam mengirimkan tuntutan. Dapat diakses langsung melalui Website PN Rote Ndao, atau melalui  alamat web. http://www.etut-pnrno.com/app/login.

8. e-raterang yang merupakan Elektronik Surat Keterangan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI, Merupakan media elektronik dalam memberikan pelayanan permohonan Surat Keterangan pada Pengadilan Negeri, yang dapat diakses langsung melalui Website PN Rote Ndao, atau melalui alamat web https://eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id/

9. e-Court Mahkamah Agung RI, layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik. Dapat diakses langsung melalui Website PN Rote Ndao, atau melalui  alamat web https://ecourt.mahkamahagung.go.id/.

Serapan Anggaran di Atas 90 Persen

Beauty Simatauw mengatakan, dalam rangka keterbukaan informasi publik, maka perlu juga disampaikan terkait pengelolaan keuangan Tahun Anggaran 2020.

Ia menjelaskan, pada Tahun Anggaran 2020 PN Rote Ndao menerima dua Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Di mana DIPA 01 sebesar Rp 3.701.683.000 yang penyerapannya 95,29 persen setara dengan Rp 3.527.219.930. Sementara DIPA 02 sebesar Rp 78.800.000 terserap sebesar 96,80 persen atau setara Rp 76.273.800.

958 Perkara

Selain itu, jelas Beauty, terkait perkara yang masuk dan sudah ditangani PN Rote Ndao selama tahun 2020 terdapat sebanyak 958 perkara termasuk tilang. Rinciannya pidana 65 perkara, perdata 41 perkara, dengan rasio penyelesaian perkara pidana 90,14 persen dan rasio penyelesaian perkara perdata 63,46 persen.

Menurut Beauty, dirinya merasa senang sekali karena sambutan dari pengguna layanan yang hadir dalam coffee morning memberikan respect dan antusiasme terhadap kinerja PN Rote Ndao. Tentunya jajaran PN Rote Ndao tidak dapat bekerja atau berjalan sendiri, namun diharapkan kerja sama dari seluruh pengguna (seluruh komponen masyarakat).

“Kami terus berbenah mulai dari meningkatkan sarana-prasarana, waktu pelayanan, dan perilaku aparatur di PN Rote Ndao. Kami sangat membutuhkan peran serta dari masyarakat dalam survey sekaligus dalam rangka peningkatan kinerja. Kami percaya akna mencapai WBK dan WBBM tahun ini,” tutup Beauty Simatauw. (team)