Ratusan Warga Nusakdale Dukung  Jondry Menangkan Pilkades

roolnews.ID, Nusakdale • Gong Percaturan Politik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Rote Ndao akhirnya menggema. Jondry O. Malelak diarak ratusan warga menuju kantor Kepala Desa (Kades) Nusakdale untuk didaftarkan sebagai calon kades periode 2016 – 2022, Kamis (8/9/2016).

Masyarakat dari lima (5) dusun berbondong-bondong memenuhi jalan desa  menjemput Bakal  Calon Kades yang rumahnya berjarak sekitar 100 meter dari Kantor Kepala Desa untuk didaftarkan pada panitia pilkades Nusakdale.

Dalam iring-iringan tersebut beberapa Tokoh Masyarakat Bersama Bakal Calon Kades, Jondry, menggunakan Pakaian Adat Rote di lengkapi Ti’i Langga (topi khas Rote-Red).

“dengan menggunakan pakaian adat merupakan sebuah penghormatan dan pelestarian budaya, dimana kita sebagai masyarakat adat harus dapat mempertahankan peradaban dan kearifan-kearifan lokal sebagai insan beradab”, Jelas Mes Dano, seorang tokoh adat.

Sebelum Balon Kades Jondry Malelak, menyampaikan berkas pendaftaran kepada Panitia Pencalonan dan pemilihan kades Nusakdale, juru bicara balon kades, Ekber Dano, dengan lantang menyampaikan niat mereka, “Jondry O Malelak adalah seorang putra terbaik Desa Nusakdale,  kami mengantarkannya untuk didaftarkan sebagai calon kades masa bakti 2016-2022, kiranya saudara-saudara panitia dapat menerima dan menyeleksi dengan Adil dan bijaksana, ini adalah putra terbaik Nusakdale pilihan Kami”, ungkap Ekber bersemangat.

Usai mendaftar, seorang tokoh adat, Marthen Kulle, mewakili seluruh pendukung calon kades Jondry, dengan kalimat sederhana menyampaikan tekad mereka, “hari ini kita telah mendaftar, tetapi kita juga telah memilih didalam hati dan pilihan kita hanya satu, Jondry Malelak. Tanggal 25 Oktober hanya formalitas, jika perlu kita pilih secara terbuka biar tidak ada dusta diantara kita. Kita meyakini bahwa pilihan kita tepat dan harus Menang”, ujar Marthen diamini sekitar 400an pendukung  yang hadir.

Terkait pencalonan dirinya, Jondry Malelak, mengatakan, Ia terharu melihat dukungan yang diberikan kepada dirinya.

“saya tidak akan bisa apa-apa tanpa mereka (pendukung) semua, mereka luar biasa, kita berjuang bersama dengan memohon penyertaan dari yang empunya hidup dan kehidupan “, kata Jondry mengakhiri.

Pantauan Media ini, bakal calon kades yang telah mendaftar sebanyak enam (6) orang yang akan diseleksi oleh panitia.


(nyongki/MTC)