Bupati Rote Ndao dan Forkopimda Pantau Situasi Jelang Paskah

ROOL • Menjelang pelaksanaan rangkaian Hari Raya Paskah di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bupati Paulina Haning-Bullu bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Rote Ndao, Wakil Bupati Stefanus M Saek, dan Kabag Umum Handryans Bessie melakukan pemantauan di sejumlah gereja, Kamis (1/4/2021).

Pantauan media, Bupati Paulina dan rombongan mendatangi gereja Katolik Paroki St Kristoforus Ba’a, Kecamatan Lobalain, sekitar pukul 14.00 WITA. Selanjutnya, rombongan bertolak ke gereja GMIT Jemaat Paulus Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut mengecek persiapan pelaksanaan rangkaian Hari Raya Paskah di gereja tersebut.

Dalam kunjungan ke dua gereja tersebut Bupati, Wakil Bupati, dan Forkopimda juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada 80 lansia, masing-masing 40 paket yang diterima Pastor Paroki dan Ketua Majelis Jemaat. 

Bupati Paulina mengatakan, kegiatan pemantauan ini guna mengecek dan memastikan pelaksanaan rangkaian ibadah Paskah berlangsung secara aman. Apalagi menjelang Paskah kali ini, kita dikejutkan dengan serangkaian aksi terorisme baik di gereja Katedral Makassar, Minggu (22/3/2021) maupun di Mabes Polri Rabu (31/3/2021).

“Kondisi ini membuat pemerintah dan Forkopimda bersama personel TNI/Polri, Satpol PP, dan komponen masyarakat lainnya untuk berkonsentrasi mengantisipasi gangguan kamtibmas, sekaligus dan menjaga dan mengamankan rangkaian perayaan Paskah untuk memastikan umat Kristiani melaksanakan ibadah dengan aman dan tertib,” Jelas Paulina.

Sementara itu, Wakapolres Rote Ndao Kompol I Nyoman Surya Wiryawan mengatakan, kehadiran Forkopimda bersama Bupati dan Wakil Bupati adalah untuk melihat kesiapan pelaksanaan rangkaian perayaan Paskah, sekaligus menjamin kepada umat Kristiani bahwa Polres bersama TNI AD, TNI AL, dan Pol PP akan berupaya maksimal mengamankan seluruh rangkaian ibadah Paskah.

Dirinya pun meyakinkan masyarakat kristiani di Rote Ndao untuk tetap merasa aman dalam beribadah.

Penasehat Dewan Pastoral Paroki (DPP) St Kristoforus Ba’a Pius Mali menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bupati bersama rombongan di paroki tersebut. Lanjutnya, umat Katolik di Rote Ndao tetap solid dan tidak terpengaruh dengan kejadian yang terjadi di luar dan tetap mengikuti arahan, petunjuk, dan saran, serta mendukung segala upaya yang dilakukan Bupati dan Forkopimda dalam menjaga kamtibmas tetap kondusif.

Senada disampaikan Ketua Majelis Jemaat GMIT Paulus Busalangga Pdt Modester Soeki-Loilaly menyatakan himbauan Bupati dan Forkopimda akan disampaikan kepada seluruh jemaat, agar tidak terprovokasi dan tetap menjaga toleransi antar umat beragama. Selain itu, tetap menaati protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah Paskah dan kehidupan sehari-hari di rumah tangga masing-masing.

Perayaan Jumat Agung di GMIT Syalom Mokdale Berlangsung Khidmat, dengan Keamanan yang Ketat.

foto: UPP Pemuda GMIT Syalom Mokdale

Suasana perayaan Jumat Agung di GMIT Syalom Mokdale, Kabupaten Rote Ndao, Jumat (2/4/2021) pagi tadi, berlangsung khidmat. Pantauan media, di depan gereja Syalom Mokdale aparat Kepolisian dan TNI, serta keterlibatan para pemuda Gereja Syalom Mokdale dan Pemuda Remaja Masjid tampak menjaga keamanan di sekitar gereja agar kegiatan peribadatan berjalan lancar.  Hal tersebut sebagai bentuk nyata toleransi antar-umat beragama masih terawat di Rote Ndao.

Pengamanan ketat yang dilakukan sebagai salah satu bentuk antisipasi guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (*/cl/fcj)