Camat Lobalain Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Layak Huni di 2 Desa

ROOL • Pemerintah Desa (Pemdes) Sanggaoen dan Holoama, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao dan para warga menggelar giat peletakan batu pertama pembangunan Rumah Layak Huni secara simbolis, Desa Sanggaoen dilakukan secara simbolis di kediamanan Paulus Soai di Dusun Ne’e Desa Sanggaoen dan di Kediaman Yusuf Bessie di Dusun Telunisi Desa Holoama, Jumat (31/5).

Camat Lobalaian Pauwil J.J.Ngili S.Sos M.Si saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni di dua desa tersebut memberikan apresiasi kepada pemerintah desa yang telah menganggarkan sejumlah dana untuk pembangunan rumah layak huni bagi warga masyarakat yang kurang mampu dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019, per desa sebanyak 10 kepala Keluarga (KK).

Lanjut Pauwil, di Kecamatan Lobalain terdapat 15 Desa dan Kelurahan berarti sebanyak 150 rumah layak huni yang dibangun pemerintah tahun anggaran 2019, belum lagi rumah Aladin program pemerintah Kabupaten Rote Ndao, serta Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan program bedah rumah dari kementerian PUPR.

Camat Pauwil juga memberikan apresiasi kepada Pihak pemerintah desa yang mengalokasikan dana untuk pembangunan rumah sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia, dengan harapan agar perlahan dan pasti masyarakat tinggal di kediaman yang layak sesuai dengan standar pemerintah yakni 5 x 7.

“Kami berharap, pembangunan ini berjalan dengan lancar sehingga bisa cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kurang mampu,” Harap Pauwil.

Pj Kepala Desa Sanggaoen Kecamatan Lobalain Matheos Bailao mengatakan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah desa terhadap kelayakan hidup masyarakat tahun anggaran 2019 pemerintah desa Sanggaoen mengeluarkan Dana Desa senilai  Rp 357.559 700 juta untuk pembangunan 10 unit rumah layak huni bagi 10 kepala Keluarga (KK) miskin.

“pembangunan rumah ini dikerjakan selama 75 hari terhitung hari ini 31 Mei 2019 hingga 13 Agustus,” kata Matheos.

Sementara itu, Pj Kades Holoama Melkianus Bessie menambahkan, untuk desa Holoama pada tahun anggaran 2019 pemerintah Desa Holoama menganggarkan dana senilai Rp 318.867.700 dari Dana Desa (DD) guna pembangunan rumah layak huni di desa tersebut, rumah layak huni  sebanyak 10 unit tersebut sesuai dengan RAB dilengkapi dengan WC dan berukuran 5 x 7.

Turut Hadir Kanit Binmas Polsek Lobalain Bripka Arten Ndun bersama Bhabinkamtibmas Desa Anggaoen Brigpol Mikris Nalle. (*/idf)