BBGRM Bagian Dari Pembangunan Daerah

ROOL • Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kabupaten Rote Ndao ke-16 Tahun 2019, Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47,Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-26 dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-5 Tingkat Kabupaten Rote secara resmi dibuka Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu,SE, Rabu 22 Mei 2019 bertempat Lapangan Bola Kaki Desa Papela Kecamatan Rote Timur Kabupaten Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Semangat bergotong royong merupakan tradisi positif yang harus terus dipelihara dan dilestarikan guna mendukung pembangunan suatu daerah. Terlebih lagi melalui gerakan bulan bhakti gotong royong kali ini diharapkan mampu mengembalikan nilai-nilai kegotong-royongan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.

“Ini dapat meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat yang dilandasi semangat kebersamaan, integritas sosial melalui kegiatan pembangunan diberbagai sektor kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Rote Ndao,” ungkap Paulina.

Sejalan dengan pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-16  Tingkat Kabupaten Rote Ndao yang telah dilaksanakan secara bersama-sama hendaknya dapat dimaknai sebagai salah satu upaya semangat bergotong royong serta kebersamaan yang telah turun temurun dan mendarah daging dalam kehidupan masyarakat, telah menciptakan masyarakat yang rukun, damai, penuh kekeluargaan, keakraban dan bahu membahu dalam membangun kehidupan bermasyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao menyampaikan rasa bangga serta ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara-saudara yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk menggalakkan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Ke 16  Tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 2019 yang dipusatkan di Desa Papela Kecamatan Rote Timur dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses,” Kata Paulina.

Ia berharap, selesainya pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat bukan berarti selesai pula kegiatan gotong royong ini, melainkan tetap harus kita laksanakan dalam kehidupan bermasyarakat untuk melaksanakan pembangunan di wilayah Bumi Sejuta Lontar.

Akhir dari rangkaian kegiatan ditandai dengan pemukulan kentongan sebagai tanda berakhirnya rangkain kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-16, tahun 2019 dan penyerahan piala bergilir dari rangkaian perlombaan Bulan Bakti Gotong Royong Tingkat Kabupaten Rote Ndao termasuk di dalamnya Bupati meninjau Stand Ekonomi Kreatif 10 Kecamatan.

Sebelum rangkaian kegiatan tersebut dalam laporannya Ketua umum kegiatan BBGRM, HKG dan HARGA Tahun 2019, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaralat Desa (DPMD) Kabupaten Rote Ndao James K Therik, SH mengatakan kegiatan tersebut adalah rutinitas tahunan yang dihelat pemerintah sebagai momentum untuk menggelorakan budaya gotong royong yang merupakan budaya bangsa Indonesia. BBGRM itu Disatukan dengan hari kekurang karena keluarga adalah cikal bakal gotong royong.

Tema kegiatan kali ini kata James  adalah dengan BBGRM kita tingkatkan semangat kegotongroyongan masyarakat desa demi mewujudkan Rote Ndao bangkit menuju sejahtera.

Pantauan Media ini hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus Saek, Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao, Alfred Saudila,A.Md. Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao, Jonas M.Selly, MM. mantan wakil Bupati Rote Ndao, Jonas C Lun,S.Pd dan sejumlah Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Rote Ndao. (Adv Pemda Kabupaten Rote Ndao dan ROOL News Media)