Pemuda Kelurahan Mokdale Gotong Royong Bersihkan Sampah di Oemau

ROOL • Sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan terhadap kebersihan lingkungan sumber Mata Air Oemau, berbagai komunitas masyarakat dan instansi terkait, Minggu (9/8/2020) pagi, turun membersihkan sampah di sekitar lokasi mata air dan kolam pemandian Oemau, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Koordinator komunitas Peduli Oemau, Ricky Ndolu mengatakan bahwa kegiatan hari ini (9/8) diinisiasi oleh para Pemuda di Lingkungan Nusaklain dan Lingkungan Mokdale, dibantu Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rote Ndao bergotong-royong membersihkan tumpukan sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap Mata Air Oemau.

“aksi ini termasuk untuk menjaga sumber mata air Oemau dan kebersihan lingkungan sekitar dari sampah. Air menjadi kebutuhan mendasar, sehingga dengan merawat mata air yang ada, berarti kebutuhan masyarakat terhadap air bersih akan tetap terjaga apalagi di musim kemarau,” Katanya.

Menurutnya, diduga akibat ulah pengunjung yang membuang sampah sembarangan ke dalam kolam, membuat banyak tumpukan sampah. Dalam menjaga kebersihan lingkungan sumber mata air Oemau, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat berperilaku bijak dalam membuang sampah.

Sementara itu, salah satu pemuda, Yopi Boik juga mengajak para pemuda dan komunitas masyarakat untuk terus semangat peduli Mata Air Oemau.

Ia juga berharap pemuda dan masyarakat sekitar terus mengedukasi pengunjung kolam pemandian Oemau untuk tidak lagi buang sampah ke tempat yang tidak semestinya.

Boik juga berterima kasih kepada berbagai pihak yang bersama-sama membantu membersihkan sampah, sebagai bentuk kepedulian terhadap Mata Air Oemau.

“terima kasih kepada para pemuda Nusaklain dan Mokdale, juga pihak-pihak terkait yang membantu kami hari ini, bersama-sama membersihkan sampah di Oemau,” Ujarnya. (*)