Nakertrans Rote Ndao Bangun Ekonomi Masyarakat Lewat Meubeler

ROOL • Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur memperbanyak pelatihan kerja guna meningkatkan keterampilan bagi para pencari kerja di daerah ini, salah satunya pelatihan meubeler.

Kegiatan ini dilakukan untuk menunjang  keahlian  warga Kabupaten Rote Ndao dalam melakukan pekerjaan meubeler sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga dalam usaha meubeler, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dalam hal ini Dinas Nakertrans menggelar kegiatan  pelatihan meubeler selama 14 hari sejak tanggal 24 Juli hingga 8 Agustus 2020.

“saya berharap  agar 20 peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya yang didapat lewat pelatihan tersebut. Harapan kita, ini tidak hanya sebatas di tempat pelatihan. Kita tetap mendukung para peserta, ini adalah kerja nyata, setelah pelatihan ini ke depan dapat berkarya dan berinovasi, optimalkan keahlian yang didapat saat pelatihan, “kata Sekretaris  Dinas Nakertrans Albeni J.P Siokain, S.STP, M.Si mewakili Kepala Dinas Nakertrans Drs. Fredik Haning  dalam sambutannya sekaligus menutup kegiatan Pelatihan Meubeler di di Bengkel Nakertrans Kabupaten Rote Ndao., Sabtu (8/8/2020) Siang.

Albeni mengatakan 20 orang saja yang mengikuti pelatihan ini harus terus berinovasi usai mendapatkan ilmu, karena menggunakan uang negara sehingga tim dari dinas akan memantau usaha dari para peserta pelatihan. Kegiatan pelatihan ini juga sebagai upaya untuk membantu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Adapun 20 peserta pelatihan tersebut berasal dari lima kecamatan diantaranya, Rote Tengah, Rote Barat, Lobalain, Rote Barat Daya, Rote Barat Laut.

Instruktur dari UPTD BLK Provinsi NTT, Donny Handry Kana, S.T berpesan kepada para peserta usai mendapatkan pelatihan bisa digunakan untuk berwirausaha.

“banggakan anak Rote dengan karya bukan dengan kata-kata, Berkaryalah dengan membuat produk-produk dengan kualitas yang dapat bersaing dan terus berinovasi,” Kata Kana.

Sementara itu, Boby Nalle salah seorang peserta yang mengikuti kegiatan itu, sangat bersyukur dengan pelatihan meubeler yang dilakukan oleh Pemerintah, Disnakertrans Kabupaten Rote Ndao yang telah memilih mereka untuk mengikuti pelatihan.

Kegiatan Meubeler ini  didanai dari APBD Kabupaten Rote Ndao tahun anggaran  2020, dan  para peserta setelah mengikuti pelatihan  diberikan alat pelengkap untuk bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan diantaranya, Gergaji, Skap, Profil, Bor dan Mesin Amplas.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kabid Pembinaan pengawasan tenaga kerja, Imanuel Paulus Oktovianus dan Kabid pemberdayaan kawasan Transmigrasi, Abdon Manafe. (*/rn)