Delapan OAR dan ODP sudah dipulangkan dan melakukan Karantina Mandiri

ROOLNEWS • Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang dari Area Risiko (OAR) yang telah dikarantina oleh Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rote Ndao di Rusun Ne’e sebanyak 12 orang. Di mana dari 12 orang tersebut 8 Orang dari Area Risiko telah dipulangkan berdasarkan hasil pemeriksaan oleh tim medis.

“untuk selanjutnya mereka di karantina mandiri di rumah masing-masing. Sehingga sisa  yang berada di karantina (Rusun Ne’e) sebanyak 10 ODP dan OAR,” Kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rote Ndao dr. Widyanto Pangarso Adhy, SpPD., dalam press release Pemkab Rote Ndao yang diterima roolmedia.user.cloudsg01.com, Sabtu (28/3) pukul 18.00 WITA, yang ditandatangani langsung oleh Kabag Umum Humas dan Protokol, Handryans Bessie, S.IP.

Adhy mengatakan Rumah Susun (Rusun) Ne’e disiapkan Gugus Tugas Covid-19 Rote Ndao untuk menempatkan ODP agar bisa dipantau secara simultan, serta OAR yang tidak menjalankan karantina mandiri secara disiplin.

“semuanya dijalankan sesuai protokol yang telah ditetapkan. Hingga saat ini Gugus Tugas Covid-19 secara aktif menjemput ODP yang masih di rumah agar dikarantinakan,” Katanya.

Data hari ini Sabtu (28/3) pukul 18.00 WITA menunjukkan ODP bergerak naik dari 20 orang menjadi 25 orang. Kenaikan lima orang ini bukan dari OAR yang sudah terdata dan terpantau sebelumnya, tetapi dari orang yang melakukan kontak dengan OAR dan/atau ODP. Sementara, OAR sebanyak 222 orang, dan orang yang melakukan kontak dengan OAR atau ODP sebanyak  48 orang.

“Data ini menunjukkan bahwa masyarakat masih belum disiplin dalam menerapkan  jaga jarak dan karantina mandiri yang sangat penting dalam pemutusan rantai penyebaran Covid-19,” Kata Adhy. (*/rn)