Desa Daiama Dapat Program Desa Sejahtera, Bupati Rote Ndao Teken MoU Dengan Astra

ROOLNEWS.ID • Ada 275 desa dari 63 daerah se-Indonesia termasuk diantaranya Kabupaten Rote Ndao melakukan perjanjian kerjasama atau MoU Program Desa Sejahtera Astra.

Penandatanganan Nota kesepahaman dilakukan Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan PT Astra International Tbk, disaksikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT), Eko Putro Sandjojo, Selasa (25/6) kemarin di Ruang Catur Dharma Hall Menara Astra Jakarta.

Kabupaten Rote Ndao terpilih menjadi salah satu yang mendapatkan Program Desa Sejahtera Astra. Karena Desa Daima, Kecamatan Landu Leko mendapatkan bantuan tersebut.

Program ini merupakan bentuk kerjasama antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT) dengan PT Astra International Tbk, sebagai bentuk upaya mendukung penguatan kawasan pedesaan melalui Program Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera (KBA-DS).

Fokus program akan terkonsentrasi pada peningkatan ekonomi berbasis masyarakat, melalui Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (PRUKADES) dengan jangka waktu yang diberi selama dua tahun (2019 – 2020). Model pembinaan yang diberikan Astra berupa pendampingan, pelatihan, fasilitasi akses modal dan pasar, serta bantuan donasi alat produksi.

Terpisah, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT), Eko Putro Sandjojo juga berharap agar para Kepala Desa di Rote Ndao agar memanfaatkan dana desa dengan sebaik-baiknnya, terhadap pengelolaan dana desa dan hasil manfaat bagi masyarakat dan bagi desa.

“untuk teman-teman kepala desa di selatan Indonesia, Rote Ndao agar manfaatkan dana desa dengan sebaik-baiknya,” Kata Menteri Desa, PDTT, Eko Putro Sandjojo didampingi Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) James M K Therik di Jakarta, kemarin.

Lanjut Eko Putro Sandjojo, Pemerintah juga akan menyalurkan dana desa sebesar Rp400 triliun selama lima tahun ke depan. Ia yakin, penambahan anggaran bisa membuat masyarakat desa di seluruh Indonesia lebih sejahtera lagi.

“lima tahun yang akan datang akan dinaikan dari dua ratus lima puluh tujuh triliun menjadi empat ratus triliun, dan kita akan lebih banyak membawa dunia usaha untuk bekerjasama dengan desa,” Tambah Eko.

Sementara itu Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu mengatakan untuk Kabupaten Rote Ndao, tahun lalu tercatat enam desa yang masuk sebagai desa penerima program. Antara lain Desa Sedeoen, Desa Oenggaut, Desa Boa, Desa Holulai, Desa Boni dan Desa Nemberala. Beberapa plan pendukung Program Desa Sejahtera juga telah disusun dengan baik.

“tahun ini, desa Daiama di kecamatan Landu Leko,” Kata Paulina.

Menurut Paulina, program ini dapat terealisasi berkat hubungan baik antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Paulina juga berharap agar kerjasama ini bisa memotivasi dan mendorong perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Rote Ndao.

”saya berharap penandatanganan kerjasama Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dengan PT Astra International ini, bisa mendongkrak tumbuh kembang perekonomian masyarakat desa,” kata Bupati Rote Ndao Paulina Haning yang hadir bersama Kepala DPMD James M K Therik dan Kabid Pemdes Handryans Bessie.

Untuk diketahui, Indikator keberhasilan meliputi jumlah desa binaan, jumlah penerima manfaat program, prosentase peningkatan pendapatan dan penurunan angka pengangguran. Adapun bentuk dukungan yang diharapkan dari pemerintah antara lain, bisa memberi izin penggunaan lahan untuk desa untuk menjalankan program, membentuk BUMDES/BUMDESAMA, membuka akses pasar dan memfasilitasi modal sesuai skema program. (*/hb)